Disable Right Click Untuk Mencegah Copy Paste dan Duplikat Konten

Disable Right Click Untuk Mencegah Copy Paste dan Duplikat Konten - Kadang kita perlu men-disable right click atau mematikan fungsi klik kanan pada mouse. Disable right click ini salah satunya, untuk mencegah duplikasi konten, akibat artikel kita dicopas oleh orang lain. Cara disable right click pada penjelasan artikel ini juga tidak menjamin bahwa artikel blog kita tidak bisa di copy paste. Paling tidak dengan mematikan fungsi klik kanan atau disable right click, kita sudah selangkah peduli pada hasil karya tulis kita sendiri. Namun cara disable right click atau mematikan fungsi klik kanan ini, sebaiknya tidak membuat kita menjadi orang yang pelit ilmu.

bagaimana mematikan fungsi klik kanan pada mouse untuk menghindari copy paste
Disable Right Click

Hasil karya tulis kita dalam bentuk artikel, merupakan karya yang perlu dihargai baik itu sang diri kita sendiri, ataupun orang lain. Namun pada kegiatan blogging, mungkin kita tak jarang menemui dan tak sporadis banyak juga para blogger yg memposting artikel orang lain alias copas. Kita jua nir mampu menyalahkan para blogger pen-copas itu, lantaran dari saya itu salah satu bentuk kreativitas mereka dalam mengisi konten blog mereka. Aku menduga hal tadi menjadi konsekuensi/resiko yg mampu dihadapi sang siapapun terutama bagi kita yang menjalankan aktivitas blogging kalau hingga artikel kita pada-copas oleh orang lain. Sehingga kita sanggup berbesar hati, jika someday hal itu terjadi pada blog kita. Lagipula secara tidak langsung, kita belajar berderma, even pada bentuk artikel sekalipun, bukankah berderma nir harus dengan menggunakan materi. Pelajaran lain yg bisa kita petik, kita belajar mengembangkan ilmu menggunakan sahabat sesama blogger. Hari ini adalah era keterbukaan, siapapun bebas mengakses berita yang terdapat dalam global maya.

Setiap karya apapun secara legal dan etika mempunyai proteksi copyright. Dan bagi blogger yang sudah mengerti hal itu, pasti nir akan melakukan aktivitas copas-mencopas. Karena mereka sadar nilai menurut sebuah karya tulis bagi penulisnya, sebagai akibatnya mereka mampu menghargai karya tulis orang lain. Kalaupun dalam goresan pena mereka, terdapat bagian yg mereka kutip berdasarkan artikel orang lain, umumnya mereka akan mencantumkan sumbernya.

Sebagai blogger yg memang bekerja buat menghasilkan karya tulis buat konsumsi blog kita, nir ada salahnya bila kita mem-protect artikel kita untuk menghindari tindakan copas-mencopas ini. Banyak cara yg sanggup blogger lakukan, galat satunya dengan melumpuhkan fungsi klik kanan mouse bagi para visitor blog kita. Cara ini pun bukan cara yang 100% sanggup menjamin, bahwa blog kita nir bisa diduplikasi oleh orang lain. Tapi, setidaknya kita sudah melakukan pencegahan. Lantaran bagi orang-orang yang paham bahasa Pemprograman misalnya javascript, bukanlah hal sulit buat membaca source code yang terdapat dalam blog kita dan lalu membobolnya.

Untuk melumpuhkan fungsi klik kanan mouse banyak cara yg bisa kita lakukan, galat satunya dengan memakai script dari javacript, berikut beberapa cara yang mampu kita pakai :

a. Script ini, mematikan fungsi klik kanan, sekaligus menampilkan pesan, ketika visitor blog kita melakukan klik kanan pada mouse baik sengaja atau tidak sengaja. Script ini bisa ditempatkan sebelum tag penutup dari body </body>.

Lihat blognya dulu

Kalau kita ingin memasang pada blog kita, terutama yang ber-platform blogspot, kita mampu mengikuti langkah berikut :

1. Klik Rancangan pada dashboard

2. Klik Tambah Gadget pada lokasi kotak yang ingin kita tambahkan

tiga. Pilih HTML/Javascript

4. Lalu masukkan kode script berikut

5. Untuk text "Sorry, Content Can't Copy". Yang berada di variable mesage, mampu diganti sesuai dengan asa & kebutuhan kita.

6. Kemudian Save, terselesaikan.

			<script> var message="Sorry, Content Can't Copy"; function clickIE4(){ if (event.button==2){ alert(message); return false; } } function clickNS4(e){ if (document.layers||document.getElementById&&!document.all){ if (e.which==2||e.which==3){ alert(message); return false; } } } if (document.layers){ document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN); document.onmousedown=clickNS4; } else if (document.all&&!document.getElementById){ document.onmousedown=clickIE4; } document.oncontextmenu=new Function("alert(message);return false") </script>

b. Script ini, fungsinya untuk mematikan fungsi select dan fungsi copy yaitu ctrl+c. Untuk fungsi klik kanan masih bisa berfungsi untuk melakukan fungsi print dan save as halaman page secara keseluruhan atau dalam bentuk HTML. Script ini bisa ditempatkan sebelum tag penutup dari body </body>. atau kalau ingin dimasukkan dalam blogspot kita, bisa lihat cara yang sudah diterangkan di point no 1.

			<script> function disableselect(e){ return false } function reEnable(){ return true } document.onselectstart=new Function ("return false") if (window.sidebar){ document.onmousedown=disableselect document.onclick=reEnable } </script>

Untuk script diatas, karena masih ada celah untuk copy paste dengan melakukan print. Maka untuk mengakalinya kita bisa menambahnya style sebelum tag </head> seperti dibawah ini :

			<style type="text/css" media="print"> * { display: none; } </style>

c. Script ini adalah bagian dari tag body. kita bisa letakkan dibawah tag penutup </head>. Tapi sebelumnya, hapus dulu tag <body> yang sudah ada sebelumnya :

			<body> atau <body expr:class='data:blog.pageType'>

Dan diganti dengan script berikut:

			<body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;'>

Atau dengan script dibawah ini, fungsinya sama mematikan seluruh fungsi klik kanan.

			<body expr:class='data:blog.pageType' oncontextmenu='return false;' ondragstart='return false' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;' onselectstart='return false' style='-moz-user-select: none; cursor: default;'> >

Sekian untuk penjelasan bagaimana melumpuhkan fungsi klik kanan, Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat teman-teman semua, terutama yang baru belajar nge-Blog. Tetap semangat guys. See you on my next articles. Bye-bye....

Happy blogging guys !!!!....

  • kalau ada pertanyaan, silakan tulis saja dikotak komentar dibawah, asal bukan spam dan sesuai dengan topik pembahasan.
  • the language in this article uses indonesian, if you didn't understand with my language, you can use google translate or any others translator.

Belum ada Komentar untuk "Disable Right Click Untuk Mencegah Copy Paste dan Duplikat Konten"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel