Cara Membuat Dan Menggunakan Email Yahoo! Mail

Cara Membuat Dan Menggunakan Email Yahoo! Mail – Hari gini membuat dan menggunakan surat elektronik atau yang disebut dengan email adalah sebuah keharusan. Banyak fasilitas yang memberikan pelayanan gratis email, namun untuk artikel ini akan menguliti lebih dalam mengenai Yahoo! Mail.

Tentu yang pertama kita harus lakukan adalah kita harus memiliki alamat e-mail pribadi buat dapat membuat dan mengirimkan e-mail menggunakan cara mendaftarkannya melalui website yg melayani pandaftaran e-mail. Saat ini poly sekali website yang memberikan e-mail gratis, antara lain:

1. Gmail yang merupakan produk google dengan alamat situs https://www.google.com/gmail/

2. Yahoo1 Mail dengan alamat situs https://login.yahoo.com/m

3. Hotmail / OutLook.Com dengan alamat situs https://outlook.live.com/owa/

4. iCloud dengan alamat situs https://www.icloud.com/#mail

5. Aol dengan alamat situs https://login.aol.com/

6. GMX Mail dengan alamat situs https://www.gmx.com/mail/

7. Yandex dengan alamat situs https://mail.yandex.com/

8. Mail.com dengan alamat situs https://www.mail.com/int/

9. Lycos Mail dengan alamat situs https://www.mail.lycos.com/

10. Telkom dengan alamat situs https://mail.telkom.co.id/

A. Membuat Akun Email

Berikut adalah langkah-langkah yg dapat dilakukan untuk mendaftarkan e-mail melalui Yahoo!Mail:

1. Aktifkan web browser seperti Internet Explorer, Mozilla, Google Chrome, Opera atau lainnya. Lalu ketik https://login.yahoo.com/ pada address bar, kemudian tekan Enter pada keyboard.

Dua. Klik tombol Sign Up.

3. Isilah seluruh data form pendaftaran yg muncul. Pada waktu pengisian Yahoo!ID pilihlah istilah-istilah yang kira-kira belum pernah digunakan orang lain. Yahoo!ID ini nantinya akan menjadi mailbox kamu di Yahoo!Mail. Isikan jua Enter the code shown menggunakan teks yg ditunjukkan (seperti sandi).

4. Setelah itu, kita cek apakah nama mailbox yg kita tulis belum pernah dipakai orang lain sebelumnya dengan mengklik Check Availability of This ID. Apabila belum pernah maka mailbox engkau akan didaftarkan dengan ditandai goresan pena Congratulations, the ID (nama ID engkau ) is available! Sebaliknya, bila telah pernah dipakai orang lain, kamu akan diminta balik memilih mailbox menurut data nama engkau .

Lima. Setelah sukses dengan nama mailbox, kita lanjutkan dengan mengklik tombol I agree sehingga ada gambar Yahoo!Mail yang memberikan konfirmasi ?Pendaftaran terselesaikan & selamat datang ?.?

B. Membuat Dan Mengirimkan E-Mail

Langkah-langkah yg dapat dilakukan buat membuat & mengirimkan e-mail merupakan menjadi berikut.

1. Buka Web Browser seperti Internet Explorer, Mozilla, Google Chrome, Opera atau lainnya.

2. Ketikkan pada kotak isian address: https://login.yahoo.com/ sehingga muncul website Yahoo!.

3. Klik Sign In

4. Kita bisa eksklusif mengisi bukti diri kita & password dalam kotak isian Yahoo!ID dan Password lantaran kita telah mendaftarkan e-mail kita sebelumnya, lalu dilanjutkan menggunakan mengklik Sign in sehingga ada kotak ventilasi Yahoo!Mail.

Lima. Klik Compose.

6. Klik Send.

Kita bisa mengetik surat atau dokumen pada kotak loka menulis surat pada e-mail kita secara langsung. Tetapi, mengingat betapa sulitnya menulis sebuah surat atau dokumen & terkadang kita harus berkali-kali memperbaiki surat atau dokumen tadi untuk menghasilkan sebuah surat atau dokumen yg baik dalam hal tata bahasanya, padahal kita memahami selama itu jua kita sedang memakai pulsa telepon. Maka, betapa mahalnya kita harus membayar pulsa telepon hanya buat menciptakan sebuah surat atau dokumen. Masalah ini dapat diatasi dengan tidak mengetik secara langsung dalam e-mail kita. Akan tetapi, dokumen tadi kita ketik terlebih dahulu dalam acara lainnya, misalnya Microsoft Word. Setelah itu, barulah kita copy surat atau dokumen tadi pada e-mail kita. Kita mengetahui bahwa buat membuka Microsoft Word nir perlu harus memakai pulsa telepon. Adapun langkah-langkah berdasarkan cara ke 2 ini adalah sebagai berikut.

A. Bukalah Microsoft Word & ketiklah sebuah surat.

B. Setelah selesai kita mengetik surat maka klik hidangan Edit, pilih, & klik submenu Select All (atau dapat jua menggunakan menekan tombol Ctrl A pada keyboard secara bersamaan).

C. Klik menu Edit & pilih, dan klik submenu Copy (atau bisa pula dengan menekan tombol Ctrl C dalam keyboard secara bersamaan).

D. Minimize-lah kotak ventilasi Microsoft Word tadi (Jangan menutup Microsoft Word).

E. Selanjutnya, bukalah Web Browser. Kita bisa eksklusif mengisi bukti diri kita & password-nya dalam kotak isian Yahoo!ID dan Password lantaran kita telah mendaftarkan e-mail kita sebelumnya dan dilanjutkan dengan mengklik Sign in sebagai akibatnya muncul kotak jendela Yahoo!Mail.

F. Klik Compose.

G. Klik kotak surat dalam e-mail kita, dilanjutkan menggunakan menekan tombol Ctrl v dalam keyboard secara bersamaan (atau Paste) hingga tampil sebuah surat yg dimaksud.

H. Klik send.

C. Menggunakan Carbon Copy (Cc) Dan Blind Carbon Copy (Bcc) Dalam Mengirimkan E-Mail

Kita dapat mengirimkan e-mail menggunakan pulang ke kotak jendela Yahoo!Mail. Langkah-langkah yang dapat dilakukan buat mengirim e-mail merupakan:

1. Ketiklah pada kotak isian:

a. To: sebuah alamat e-mail yang dituju. Contoh: digitaladies@yahoo.Com

b. Subject: sebuah tema atau judul berdasarkan surat atau dokumen kita. Contoh: Deskripsi Produk

c. Cc: sebuah alamat lain bila kita akan mengirimkan surat kepada dua orang sekaligus. Contoh: selenabeau@yahoo.Com

d. BCc: sebuah alamat lainnya lagi jika kita akan berkirim surat pada tiga orang sekaligus. Contoh: laurabella@yahoo.Com

2. Klik Send sebagai akibatnya ada gambar yang menaruh konfirmasi bahwa surat kita sudah dikirim dalam alamat e-mail yang dituju.

3. Setelah pemberitahuan ini maka surat kita telah terkirim dalam alamat e-mail yang kita tuju. Namun, jika terdapat kasus maka Yahoo akan memberitahukan kesalahannya.

4. Jika kita masih akan mengirimkan surat kita tersebut pada poly alamat e-mail lainnya maka kita bisa mengulangi lagi berdasarkan langkah pertama. Tetapi, bila sekiranya kita sudah selesai memakai e-mail maka kita dapat mengklik Sign Out untuk menutup e-mail kita.

D. Melakukan Attachment File Dalam E-Mail

Dalam e-mail kita pula mengenal kata arsip attach atau attachment, yaitu file lampiran yg disertakan pada sebuah e-mail yang dikirim. Adapun cara melampirkan file attach pada e-mail yang akan dikirim & cara membuka arsip attach yang terlampir pada e-mail yg telah dikirim kepada kita akan kita pelajari pada bagian ini.

1. Melampirkan File Lampiran Pada E-Mail Yang Akan Dikirim

Jika kita ingin melampirkan e-mail dengan arsip lampiran (attachment) maka bisa kita lakukan menggunakan cara:

a. Setelah surat ditulis klik tombol Attach Files.

B. Pilih & klik arsip-arsip yang akan dikirim melalui tombol Browse.

C. Klik OK.

D. Kemudian klik tombol Send maka transfer file diproses. Tunggu beberapa dtk hingga muncul kotak dialog Yahoo!Mail yang memberitahukan bahwa file sudah diikutsertakan pada e-mail.

E. Klik Send maka e-mail bersama file attach sudah siap dikirimkan beserta e-mail-nya pada alamat e-mail yang dituju. Dengan mengklik tombol Send berarti e-mail beserta arsip lampirannya telah terkirim.

F. Kamu bisa mengklik Check Mail kemudian klik Sent untuk menunjukan bahwa e-mail sudah terkirim.

2. Membuka Dan Menyimpan File Lampiran Dari E-Mail Yang Masuk

Sebuah e-mail yg melampirkan sebuah arsip ditandai menggunakan adanya ikon Clip (penjepit kertas) dalam header. Langkah-langkah yang bisa dilakukan buat membuka & menyimpannya ke pada harddisk adalah sebagai berikut.

A. Aktifkan Yahoo!Mail & ketikkan Yahoo!ID bersama password-nya.

B. Klik Mail sebagai akibatnya tercantum e-mail dan file attach yang masuk (atau klik My Mail).

C. Klik Inbox supaya terlihat e-mail dan file lampirannya.

D. Pada kotak daftar surat masuk, klik ganda e-mail yg mengandung arsip attach tadi.

E. File attach bisa dibuka dengan mengklik ganda arsip attach.

E. Membalas E-Mail Yang Masuk (Reply Atau Forward)

Pengiriman ulang ke e-mail lain atau membalas e-mail yang masuk berdasarkan pengirim atau ke e-mail lainnya dapat dilakukan menggunakan mengklik tombol Reply atau Forward.

1. Klik Reply kemudian klik Reply to sender (untuk membalas e-mail pengirim) atau Reply to everyone (beberapa e-mail lainnya). Kemudian klik Compose buat mengetik surat balasannya dan dilanjutkan dengan mengklik Send.

Dua. Tampilkan kotak obrolan yg menyatakan bahwa balasan telah terkirim.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Dan Menggunakan Email Yahoo! Mail"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel