Cara Akses Internet Melalui Perangkat Komputer

Cara Akses Internet Melalui Perangkat Komputer - Setelah semua hardware dan software yang dibutuhkan tersedia, maka berikutnya adalah langkah-langkah persiapan untuk mengakses internet. Berikut penjelasannya step by step :

a. Membuat Ikon Dial-Up Connection

Dial-up connection adalah koneksi antara personal komputer pada jaringan internet dengan memakai modem dan melalui saluran telepon. Dial-up connection dapat dilakukan bila kita telah menciptakan terlebih dahulu ikon Dial-Up Connection. Ikon tersebut nantinya akan dipakai pada berkomunikasi buat mendapatkan kabar dalam jaringan internet.

Adapun langkah-langkah menciptakan ikon Dial-Up Connection, yaitu:

1) Klik Start >>> Programs >>> Accessories Communications >>> Network Connections, setelah itu akan tampil kotak jendela Network Connections.

2) Klik ikon Create a new connection dan akan muncul kotak jendela New Connection Wizard.

3) Klik Next. Pada kotak pilihan klik pilihan Connect to the Internet lalu klik Next. Selanjutnya, pada kotak pilihan berikutnya, klik pilihan Set up my connection manually, lalu klik Next.

4) Setelah muncul kotak New Connection Wizard, klik pilihan Connect using a dial-up modem, kemudian klik Next.

5) Pada kotak isian ISP Name, ketik My Connection, kemudian klik Next. Pada kotak isian Phone number apabila ada menggunakan Telkomnet, ketiklah nomor dial Telkomnet, yaitu 080989999, kemudian klik Next.

6) Pada kotak dialog selanjutnya isikan user name dan password pada kotak yang tersedia. Klik Next maka akan tampil kotak dialog New Connection Wizard yang memberitahukan bahwa kita telah berhasil melakukan setting koneksi untuk terhubung ke internet, kemudian kliklah tombol Finish. Kliklah kotak jendela Network Connections maka akan muncul sebuah ikon My Connection. Selesai !

B. Setting TCP/IP

Setelah ada ikon My Connection dalam kotak ventilasi Network Connections maka langkah selanjutnya merupakan setting kode protokol TCP/IP sehingga personal komputer bisa terhubung dengan ISP yang kita gunakan pada mengakses internet. Adapun langkah-langkahnya merupakan sebagai berikut.

1) Buka kembali kotak jendela Network Connections >>> klik kanan ikon My Connection yang baru kita buat. Pilih dan klik Properties.

2) Setelah itu, muncullah kotak dialog My Connection Properties.

3) Klik tab Networking dan hilangkan pertanda check list (??) pada:

- IPX/SPX Compatible.

- File and Printer Sharing for Microsoft Networks.

- Client for Microsoft Networks. Biarkan atau beri pertanda check list (??) pada:

- Internet Protocol TCP/IP.

- QoS Packet Scheduler.

4) Setelah itu klik TCP/IP Setting maka akan ada kotak dialog TCP/IP Setting:

lima) Klik tombol pilihan Obtain an IP address automatically & Use the following DNS server addresses.

6) Isikanlah kode dalam kotak isian Preferred DNS dan Alternate DNS server yang sudah diberikan dalam waktu kamu mendaftarkan diri ke ISP. Bagi yang menggunakan Telkomnet Instan silakan seperti dibawah ini:

Preferred DNS : 202.134.0.155

Alternate DNS : 202.134.2.Lima

c. Membuat Shortcut Ikon My Connection pada Desktop

Shortcut ikon My Connection digunakan sebagai jalan pintas koneksi menggunakan ISP yang kita gunakan. Cara membuat shortcut My Connection yang akan kita munculkan dalam desktop sebagai berikut.

1) Klik kanan ikon My Connection dalam kotak ventilasi Network Connections tadi.

Dua) Pilih dan klik Create Shortcut maka akan muncullah kotak dialog shortcut buat meminta konfirmasi apakah kita akan meletakkan shortcut tersebut dalam desktop.

Tiga) Klik tombol Yes yang berarti kita akan meletakkan shortcut pada desktop.

4) Tutuplah kotak jendela Network Connections menggunakan cara mengklik tombol Close (X) yang berada pada pojok kanan atas kotak jendela.

5) Akhirnya, kita akan melihat sebuah ikon baru menggunakan nama Shortcut to My Connection. Shortcut to My Connection pada desktop ini akan digunakan setiap kali kita akan menghubungkan personal komputer kita ke internet tanpa wajib masuk ke kotak jendela Dial-Up Connection.

D. Koneksi Komputer ke ISP

Setelah Shortcut to My Connection timbul pada desktop maka setiap kali kita akan menghubungkan personal komputer ke jaringan internet, terlebih dahulu harus menghubungkan personal komputer pada ISP menjadi protokol yg kita pakai. Jika personal komputer telah terhubung ke ISP maka personal komputer sudah siap buat menjelajahi dunia internet. Adapun langkah-langkah menghubungkan komputer pada ISP adalah menjadi berikut.

1) Kilik ganda ikon Shortcut to My Connection dalam desktop sebagai akibatnya muncul kotak obrolan Connect My Connection.

Dua) Isikanlah dalam kotak isian User name, Password, Dial number sinkron dengan user name, password, dan angka telepon yg telah diberikan ISP dalam waktu mendaftarkan diri. Bagi anda yg menggunakan Telkomnet Instan maka silakan isi kotak isian menjadi berikut:

User name : telkomnet@instan (seluruh huruf kecil)

Password : telkom (seluruh alfabet kecil)

Dial : 080989999

3) Simpanlah user name & password tadi dengan memberi indikasi check list (??) dalam kotak isian Save this user name and password for the following users. Hal ini dilakukan agar kita nir perlu lagi mengisi password untuk setiap kali kita terhubung ke internet.

4) Klik Dial buat menghubungkan ke ISP sebagai akibatnya timbul kotak dialog Connecting to My Connection yg berarti modem kita sedang memanggil modem ISP yg kita pakai, misalnya telkom.

5) Setelah proses dialing berjalan dengan lancar tanpa ada perseteruan yg ada maka dalam kotak obrolan tadi akan muncul teks yg bertuliskan status: Verifying user name and password yang berarti monitor ISP sedang menilik user name dan password yg sudah kita ketik pada kotak dialog Connecting to My Connection.

6) apabila proses berjalan dengan lancar tanpa adanya perseteruan yg ada maka secara langsung kotak obrolan Connecting to My Connection menjadi ikon koneksi dengan gambar 2 butir personal komputer yg terletak pada taskbar.

7) apabila dalam proses koneksi dalam langkah lima dan 6 di atas belum berhasil maka kita belum dapat mengakses internet. Dengan demikian, kita harus mengulangi langkah tersebut hingga ada gambar ikon koneksi pada taskbar.

8) Setelah gambar ikon koneksi timbul pada taskbar berarti kita telah siap buat menjelajahi global internet yg begitu luas & rupawan.

Menjalankan Internet

Setelah ikon koneksi ada pada status bar berarti kita telah bisa menjalankan internet menggunakan langkah menjadi berikut.

?Klik internet melalui Start menu atau klik ganda ikon Internet Explorer dalam desktop. Sehingga kita akan melihat kotak ventilasi Internet Explorer menggunakan homepage Microsoft Network (MSN).

→Sekarang cobalah kamu ketik pada kotak isian Address alamat website tertentu seperti https://digitaladies.blogspot.com/ kemudian tekan Enter maka anda akan mendapati sebuah halaman homepage website digitaladies. Demikian seterusnya setiap kali kita ingin mengunjungi sebuah website tertentu kita dapat mengetikkan alamat website pada kotak isian Address.

Mengakhiri Internet

Langkah yang dapat dilakukan buat mengakhiri internet merupakan dengan mengklik tombol Close (X) dalam pojok kanan atas jendela Microsoft Internet Explorer.

Ingat bahwa dengan mengakhiri atau menutup Microsoft Internet Explorer bukan berarti bahwa kita telah terputus berdasarkan internet (Disconnect). Menutup atau menetapkan interaksi dengan internet bisa dilakukan menggunakan cara berikut:

?Klik ikon koneksi (yg dilambangkan menggunakan dua buah komputer) yg terdapat dalam bagian kanan taskbar. Maka, akan keluar kotak obrolan My Connection Status. Pada kotak ini kita bisa melihat seberapa usang kita sudah memakai pulsa telepon buat mengakses internet yg akan memengaruhi akbar kecilnya tagihan pulsa telepon yg kita pakai.

?Klik tombol Disconnect yg berarti kita sedang menetapkan hubungan komputer kita ke ISP (Internet Service Provider).

?Matikanlah modem bila kita menggunakan modem eksternal.

PERHATIAN:

? Jika kita hanya menutup Internet Explorer berarti kita belum terputus dengan ISP, adalah pulsa telepon masih kita gunakan.

? Jika kita lupa mengklik Disconnect dan masih berlama-usang memakai komputer buat membuka acara lainnya maka kita masih tetap dihitung memakai pulsa telepon. Jika ini terjadi maka tagihan pulsa telepon kita akan membengkak.

? Oleh sebab itu, sehabis kita menutup Internet Explorer maka segeralah buat menekan tombol Disconnect seperti dalam langkah kedua di atas supaya tagihan pulsa telepon kita tidak membengkak.

Belum ada Komentar untuk "Cara Akses Internet Melalui Perangkat Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel