Plugin Color Untuk Sublime Text

Plugin Color Untuk Sublime Text – Plugin color ini digunakan untuk membantu user menentukan warna pada elemen-elemen HTML yang didesain. Plugin ini tentu saja digunakan pada file CSS. Property CSS yang memerlukan warna adalah color dan background color. Ada 3 cara memberikan nilai warna pada kedua properti tesebut, kita bisa menggunakan nama warna, bilangan hexadecimal, dan nilai RGB.

Plugin color yang akan dibahas pada artikel ini, akan memberikan nilai property color dan background color dengan menggunakan bilangan hexadecimal. Bilangan Hexadecimal sendiri merupakan bilangan yang terbentuk karena kombinasi angka dari 1-9 dan huruf a-f. Bilangan ini pada umumnya terdiri dari 6 karakter, namun bisa hanya 2 atau 3 karakter saja, apabila bilangan tersebut berupa pengulangan 2 atau 3 karakter sebelumnya. Penggunaan bilangan hexadecimal selalu diawali dengan tanda kres ( # ), seperti contoh berikut : #1bd, #fbe12c, #fffddd, dan lain sebagainya. Biasanya untuk mendapatkan nilai warna dengan menggunakan bilangan hexadecimal, kita bisa dapatkan dari aplikasi seperti paint pada windows, photoshop, corel atau website khusus color picker. Sublime text juga menyediakan fasilitas Color Picker ini, hanya dengan menginstall pluginnya. Selain color picker kita bisa menginstall Color Highlighter untuk memudahkan kita mengenali jenis warna yang ditulis sebagai bilangan hexadecimal pada sublime text, karena dengan plugin color highlighter akan ada tampilan kotak kecil berwarna di sebelah pada nama hexadecimal yang ditulis untuk menunjukan warna dari nama hexadecimal tersebut. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara menginstall kedua plugin tersebut:

●  COLOR PICKER

Color Picker berfungsi buat memilih/menentukan warna dalam property color & backround color menggunakan menggunakan path sapta hexadecimal, seperti yg kita sanggup ambil menurut pelaksanaan photoshop, paint, corel, atau pada website color picker. Berikut langkah-langkah instalasinya:

1.Tekan tombol Ctrl Shift P

2.Ketik install package, kemudian enter

3.Biarkan hingga sublime selesai meload repositorinya

4.Pilih plugin Color Picker

5.Biarkan hingga terselesaikan install

6.Lalu restart sublime text

Cara Penggunaannya :

Tekan Ctrl + Shift + C >> Pilih Warna Pada Papan Color Picker

papan untuk memilih warna

Note : Secara default, jenis karakter huruf yang digunakan untuk pada aplikasi color picker ini adalah huruf besar. Apabila kita lebih suka huruf kecil, maka kita bisa ubah melalui setting user dari plugin sublime text. Berikut langkahnya:

1.Klik Preference

2.Pilih Package Setting >> Color Picker >> Setting – Default

3.Kopi kode baris berikut :

			"color_upper_casedanquot;: true,

4.Pastekan pada Setting User. Terlebih dahulu buka dulu setting user dengan cara Package Setting >> Color Picker >> Setting – User. Lalu rubah nilai true menjadi false, seperti baris kode berikut:

			 	"color_upper_casedanquot;: false 

5.Simpan

●  COLOR HIGHLIGHTER

Plugin Color Highlighter berfungsi menjadi warta rona dalam sublime text. Sehingga memudahkan kita mengenali jenis rona menurut nama hexadecimal yg ditulis pada sublime text karena terdapat tampilan kotak mini disebelah pada nama hexadecimal yg ditulis tadi buat menerangkan rona menurut nama hexadecimal tersebut. Berikut langkah-langkah instalasinya :

1.Ctrl Shift P

2.Ketik install package, kemudian enter

3.Biarkan hingga sublime selesai meload repositorinya

4.Pilih plugin Color Highlighter

5.Biarkan hingga terselesaikan install

6.Lalu restart sublime text

Cara Penggunaannya :

Otomatis timbul kotak identifikasi rona tadi, pada waktu kursor kita berada dalam goresan pena hexadecimal tersebut atau waktu kita mengklik nama hexadecimal tadi.

plugin untuk menunjukkan warna apa pada bilangan hexadecimal yang dipilih

Selesai penerangan plugin buat kebutuhan warna dalam sublime text. Semoga artikel ini berguna buat teman-teman yg baru saja belajar web design.

Happy Blogging Guyss ?????? ...

Belum ada Komentar untuk "Plugin Color Untuk Sublime Text"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel