Install Package Control Pada Sublime Text

Install Package Control Pada Sublime Text – Package Contol berisi sekumpulan plugin yang akan membantu user dalam menggunakan sublime text yang telah dibuat oleh Will Bond. Meskipun sublime text sudah menyediakan banyak bahasa pemprograman, berikut dengan banyak snippet-snippetnya. Namun kadang ada saja yang tidak ada dalam aplikasi default sublime text. Sebagai contoh ketika kita membuat file yang di dalamnya menggunakan jquery, kita tidak bisa menggunakan snippet milik jquery sendiri, kecuali kita menginstall package-nya, meskipun kita bisa menggunakan snippet milik javascript. Karena itu kita membutuhkan suatu plugin yang bisa membantu hal tersebut. Contoh lain, yang berhubungan dengan skema warna. Sublime text memang sudah menyediakan banyak pilihan  skema warna, namun meskipun banyak, mungkin tak satupun ada yang cocok. Karena itu kita butuh sebuah plugin yang bisa sublime text tawarkan untuk menginstall pilihan skema warna lainnya dari luar.

Package Control memberikan solusi agar dengan memakai sublime text kita bisa mendapatkan fasilitas-fasilitas plugin tanpa wajib melakukannya secara manual, misalnya membuka foldernya, kemudian mengkopinya, dan melakukan konfigurasi. Banyak plugin yang dikumpulkan dalam satu package control, misalnya untuk membuat snippet sendiri, pilhan skema rona lainnya, emmet, HTML5, dan lain sebagainya. Dengan package control kita mampu menggunakan gampang menginstall semua plugin yang dimiliki sang sublime text.

mengenal plugin-plugin yang disediakan oleh package control lewat halaman search websitenya.

Berikut langkah-langkah buat menginstall package control

1.Go to website https://packagecontrol.Io

dua.Klik hidangan installation di bagian kanan atas sidebar.

3.Kopikan script berikut baik buat sublime text dua atau 3, tergantung versi sublime text yg dipakai.

Script untuk instalasi package control di sublime text

4.Masukkan script tadi ke console-nya sublime text. Untuk memasukkan ke pada console sublime text, ada 2 cara yg mampu dilakukan:

? Tekan tombol Ctrl tombol back tick ( ` ). Tombol back tick merupakan tombol yang posisinya di bawah tombol esc, di sebelah kiri tombol no. 1 yg pada atas.

● Buka view >>> show console.

6.Lalu tambahkan script tadi, ke dalam console yg telah dibuka dengan paste saja. Perhatikan jangan hingga kurang 1 karakterpun & aktifkan koneksi internet. Lalu tekan enter.

7.Kalau telah selesai, restart sublime text-nya.

8.Buka kembali sublime text-nya.

Note:

● Untuk memastikan installasi package control sudah berhasil, kita bisa klik Preference >>> Pilih Package Control. Maka kita bisa cek perintah-perintah apa saja yang terkait dengan package control. Kalo sudah ada berarti sudah berhasil. Bisa juga dengan menggunakan Command Pallete.

● Perintah yang ada package control  yang akan sering dipakai adalah yang install package.

Contoh Penggunaan Package Control:

? Menginstall Snippet Untuk Jquery Pada Sublime Text, berikut langkahnya:

1.Tekan tombol Ctrl Shift P.

2.Ketik install package, kemudian tunggu loading repositori yang ada pada package contol.

3.Setelah loading selesai, ketikkan jquery.

4.Pilih jquery snippets pack, biarkan download selesai.

5.Setelah sukses, kita bisa cek, dengan tekan tombol Ctrl + Shift + P >>> Ketikkan Jquery. Apabila ada, berarti install telah sukses.

? Menginstall Skema Warna Pada Subblime Text, berikut langkahnya:

1.Ketik tombol Ctrl Shift P.

Dua.Ketik install package, lalu tunggu loading repositori yg terdapat pada package contol.

3.Setelah loading selesai, pilih skema warna yang diinginkan. Contoh: Dayle Rees Color Scheme.

4.Setelah sukses, kita sanggup cek, menggunakan buka sajian preference, lalu pulih color scheme, jika terdapat plugin yang tadi kita install berarti installation sukses.

? Untuk Mengecek Plugin Apa Saja Yang Sudah Diinstall, berikut langkahnya:

1.Ketik tombol Ctrl Shift P.

2.Ketik list, maka akan muncul pilihan.

3.Pilih yang package control:list package.

Penjelasan sekilas tentang package control pada sublime text ini, semoga berguna buat teman-teman yang sedang mulai belajar web design atau programmer.

Happy Blogging Gaes ?????? ...

Belum ada Komentar untuk "Install Package Control Pada Sublime Text"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel