Command Pallete Pada Sublime Text

Command Pallete Pada Sublime Text – Teknik editing pada sublime text, bisa dilakukan dengan efisien, dengan syarat kita dapat menghafal shortcut-shortcut yang ada pada menu sublime text. Awalnya menggunakan shortcut memang agak sulit, apabila belum terbiasa, apalagi awalnya mengharuskan kita untuk menghafal shorcut-shortcut yang ada pada menu di sublime text. Namun setelah bisa, pasti kecepatan koding dan kerja kita bisa lebih baik dibanding sebelumnya. Ide penggunaan shorcut adalah agar jari-jari tangan kita selalu keep dan touch dengan keyboard, agar tidak terlalu sering berpindah antara keyboard dan mouse. Ada cara yang lebih baik dari teknik editing tersebut, yaitu dengan menggunakan Command Pallete. Fasilitas command pallete memudahkan kita untuk mengakses menu-menu yang ada pada sublime text, tanpa harus repot-repot menghafal semua shorcut yang ada.

Untuk memunculkan command pallete kita hanya cukup menekan tombol Ctrl + Shift + P. Selanjutnya kita akan ditampilkan banyak perintah-perintah sesuai dengan bahasa pemprograman yang kita gunakan.

cara memunculkan command pallete sublime text

Contoh-Contoh Penggunaan Command Pallete :

1. Convert Case. Untuk menyeleksi tulisan menjadi huruf besar atau huruf kecil, kita bisa menggunakan  command pallete. Kita hanya tinggal memunculkan command pallete, lalu blok teks yang akan diganti jenis hurufnya, kemudian ketik clue atau petunjuk kata untuk perintah tersebut. Sebagai contoh kita ingin membuat tulisan sebuah tulisan menjadi besar, maka kita tinggal ketikkan saja clue kata seperti: convert case: up atau con atau conup pada kotak command pallete. Teknik Fuzzy Searching berlaku dalam penelusuran perintah pada kotak command pallete, yaitu berupa teknik pencarian cepat hanya dengan mengetikkan beberapa huruf dari kata yang menjadi target, tanpa harus mengetikkan seluruh path/jejak kata. Karena itu dalam perintah convert case, sebagai contoh lagi, kalau kita ingin merubah tulisan menjadi huruf kecil, kita ketikkan saja low, maka command pallete akan menunjukkan perintah untuk menjadikan huruf kecil. Sangat mudah bukan ?

teknik penelusuran/pencarian cepat

2. Mengidentifikasi Bahasa Pemprograman. Sublime text menyediakan banyak bahasa pemprograman seperti ActionScript, AppleScript, ASP, Batch File, C, C#, C++, Clojure, CSS, D, Diff, Emmet, Erlang, Go, Graphviz (DOT), Groovy, Haskell, HTML, Java, Javascript, LaTex, Lisp, Lua, Makefile, Markdown, Matlab, Objective-C, OCaml, Pascal, Perl, PHP, Plain Text, Phython, R, Rails, Regular Expression, reStructuredText, Ruby, Rust, Scala, Shell Script (Bash), SQL, TCL, Textile, XML, YAML. Untuk menentukan bahasa pemprograman yang akan kita gunakan, kita bisa melakukan dengan 3 teknik: 1. Ditentukan pada saat penyimpanan file; 2. Diganti dari bagian bawah sebelah kanan layar, yang biasanya akan muncul default plaint text; 3. Diganti melalui kotak command pallete. Untuk cara dengan menggunakan command pallette, tentu saja munculkan dulu command pallete-nya dengan mengetik Ctrl + Shift + P >>> Ketik Syntax >> Ketik Bahasa Pemprogramannya. Dalam hal ini teknik fuzzy searching pun berlaku.

3. Menyembuyikan Elemen View. Command pallete bisa digunakan untuk menyembunyikan dan memunculkan elemen view seperti menu, minimap, tabs, sidebar, status bar, open files in side bar. Caranya sama seperti point 1 dan 2, dimana teknik fuzzy searching juga berlaku. Cukup ketik Ctrl + Shift + P >>> Ketik Nama Elemen Menu Yang Mau Disembunyikan/Dimunculkan Kembali.

toggle view yang ada dalam command pallete

4. Memunculkan Snippet. Apa itu snippet ? Snippet adalah baris kode yang sudah dibuatkan oleh aplikasi kode editor seperti sublime text yang bisa dipanggil dengan menggunakan kata kunci tertentu. Namun untuk menggunakan snippet, pastikan kita sudah menentukan bahasa pemprograman yang akan kita gunakan. Kalau tidak, penggunaan snippet tidak akan berlaku. Untuk mengetahui snippet apa saja yang bisa kita gunakan, caranya cukup mudah. Tampilkan command pallete dengan mengetik Ctrl + Shif + P >>> lalu ketik snippet. Dengan begitu kita akan melihat snippet apa saja yang sudah dibuatkan otomatis oleh sublime text. Perhatikan contoh gambar snippet pada bahasa pemprograman Javascript dibawah ini:

snippet yang ada baik yang telah disediakan oleh fitur command pallete atau yang dibuat sendiri

5. Menginstall Plugin

Belum ada Komentar untuk "Command Pallete Pada Sublime Text"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel