Fungsi Menu Dan Ikon Microsoft Office Excel

Fungsi Menu Dan Ikon Microsoft Office Excel – Ketika anda membuka dan menggunakan software program Microsoft Office Excel, sebaiknya pahami fungsi dari menu-menu yang tersedia pada bagian menu bar atau menu yang berada pada bagian atas program, berikut dengan ikon-ikon yang tersedia. Sehingga dengan begitu memudahkan anda bekerja menggunakan program Microsoft Excel

A. Menu Bar

Berikut penjelasan fungsi-fungsi berdasarkan submenu yang berada pada setiap sajian yang berada di hidangan bar pada aplikasi Microsoft Excel.

1. Menu File

Menu File dipakai buat mengolah dokumen mulai berdasarkan membuat dokumen baru, menyimpan, hingga menutup acara. Beberapa submenu File dan fungsinya, antara lain:

SubmenuFungsi / Kegunaan
NewMembuat lembar kerja baru.
OpenMembuka atau mencari file lembar kerja yang sudah pernah dibuat dan disimpan.
CloseMenutup lembar kerja yang sedang aktif tanpa keluar dari program pengolah angka Ms. Excel.
SaveMenyimpan lembar kerja yang masih aktif dengan nama, lokasi, dan jenis file yang sama dengan file yang sedang aktif.
Save AsMenyimpan lembar kerja yang masih aktif dengan nama, lokasi, dan jenis file yang mungkin berbeda dengan file yang sedang aktif.
Save As Web PageMenyimpan lembar kerja dalam tipe file HTML Format (Web Page).
Page SetupMengatur margin, sumber kertas, ukuran kertas, orientasi, dan layout halaman yang akan dicetak.
Print AreaMenentukan area lembar kerja yang akan dicetak.
Print PreviewMenampilkan bagaimana hasil halaman yang akan tercetak.
PrintMencetak lembar kerja yang sedang aktif atau teks yang diinginkan.
Send ToMengirimkan file yang sedang aktif ke mail, fax, Microsoft, PowerPoint, dan lain-lain.
PropertiesMelihat properti file yang sedang aktif, meliputi lokasi, kapasitas, dan lain-lain.
ExitKeluar dari Microsoft Office Excel 2003.

2. Menu Edit Menu Edit digunakan untuk melakukan perbaikan dalam mengolah angka. Beberapa submenu Edit dan fungsinya, antara lain:

SubmenuFungsi / Kegunaan
UndoMembatalkan perintah terakhir yang pernah dilakukan atau menghapus teks terakhir.
RedoMembatalkan perintah undo.
RepeatMengulangi perintah terakhir. Cut Menghapus atau memindahkan objek/isi sel.
CopyMenyalin isi sel atau objek.
PasteMenampilkan hasil dari Cut atau Copy.
PasteSpecial Membatasi salinan isi sel dalam hal isi, format, formula, dan lain-lain.
ClearMenghapus isi/format/komentar beberapa sel.
DeleteMenghapus sel baris atau kolom.
Delete SheetMenghapus lembar kerja yang sedang aktif.
Move Or Copy SheetMemindahkan atau menyalin lembar kerja dalam file yang sama atau ke file lainnya.
FindMencari teks dalam sebuah lembar kerja yang sedang aktif.
ReplaceMengganti teks sel dengan teks lainnya pada lembar kerja yang sedang aktif.
Go ToMenuju ke sel atau range tertentu.

Tiga. Menu View

Menu View digunakan untuk mengatur tampilan dokumen pada layar monitor dan menampilkan atau menyembunyikan beberapa toolbar. Beberapa submenu View beserta fungsinya, antara lain:

SubmenuFungsi / Kegunaan
NormalMenampilkan lembar kerja dalam bentuk normal.
Page Break ViewMenampilkan bagian-bagian halaman yang akan dihasilkan dalam pencetakan ke sebuah kertas.
ToolbarsMenampilkan atau menyembunyikan beberapa Toolbar.
Formula BarMenampilkan atau menyembunyikan formula bar.
Status BarMenampilkan atau menyembunyikan status bar.
Header and FooterMenampilkan atau menyembunyikan judul atas dan bawah halaman dokumen.
CommentsMenampilkan toolbar pembuatan komentar yang termuat dalam sel.
Custom ViewMenampilkan dua layar yang berlainan untuk mempermudah membedakan data.
Full ScreenMenampilkan lembar kerja dalam bentuk layar penuh.
ZoomMengatur ukuran pembesaran lembar kerja pada layar monitor.

4. Menu Insert

Menu Insert digunakan untuk menyisipkan objek (sel, baris, kolom, gambar, dan lainnya) dalam lembar kerja. Beberapa submenu Insert dan fungsinya, antara lain:

SubmenuFungsi / Kegunaan
CellsMengatur format sel meliputi bentuk bilangan, perataan, border, dan lainnya.
RowsMengatur format baris meliputi tinggi, menyembunyikan, dan menampilkan kembali baris.
ColumnMenyisipkan kolom di sebelah kiri sel yang sedang aktif.
WorksheetMenyisipkan lembar kerja di sebelah kiri lembar kerja (sheet) yang sedang aktif.
ChartMenyisipkan grafik pada lembar kerja.
Page BreakMenampilkan lembar kerja dalam beberapa halaman cetak.
FunctionMenampilkan kotak dialog Paste Function untuk mengolah rumus/formula.
NameMenyisipkan nama range data.
CommentMenyisipkan komentar pada sel yang sedang aktif.
PictureMenambah gambar pada halaman dokumen.
ObjectMenambah objek (gambar, WordArt, persamaan) pada workbook.
HyperlinkMenghubungkan teks/objek ke sebuah file atau referensi.

Lima. Menu Format

SubmenuFungsi / Kegunaan
CellsMengatur format sel, meliputi bentuk bilangan, perataan, border, dan lainnya.
RowsMengatur format baris, meliputi tinggi, menyembunyikan, dan menampilkan kembali baris.
ColumnMengatur format kolom, meliputi lebar, menyembunyikan, dan menampilkan kembali lembar kerja.
SheetMengatur format lembar kerja, meliputi pergantian nama, menyembunyikan, dan menampilkan kembali lembar kerja.
AutoFormatMembuat format tabel secara otomatis.
Conditional FormattingMengatur format sel dengan persyaratan.
StyleMengatur gaya sel yang sedang aktif.

6. Menu Tool

Menu Tool digunakan untuk mendukung pengolahan angka mulai dari pemeriksaan ejaan secara otomatis hingga mengunci dokumen. Beberapa submenu Tool, antara lain:

SubmenuFungsi / Kegunaan
SpellingSecara otomatis memeriksa dan memperbaiki teks yang salah menurut bahasa Inggris.
Auto CorrectMemperbaiki teks secara otomatis.
Share WorkbookMemungkinkan kamu atau pengguna lain dalam satu jaringan mengubah dan menyimpan workbook yang sama isinya.
Track ChangeMenentukan pemakaian workbook bersama-sama berdasarkan waktu, dalam sebuah jaringan komputer.
Merge WorkbookMenggabungkan dari beberapa share workbook ke sebuah workbook.
ProtectionMengamankan/memproteksi lembar kerja atau share workbook.
Online CollaborationMenyusun dan mengadakan pertemuan dalam jaringan internet.
Goal SeekMengubah nilai rumus pada sel atau grafik.
ScenariosMenampilkan atau mengedit skenario/ringkasan pada lembar kerja.
AuditingMenampilkan hubungan antarsel yang berisi rumus dan menampilkan kesalahan rumus yang tumpang tindih.
MacroMenampilkan visual basic lembar kerja yang sedang aktif.
Add-InsMengaktifkan atau menonaktifkan Add-Ins Ms. Excel.
CustomizeMengatur tampilan pengolah angka beserta unsur-unsurnya.
OptionMemilih dari fasilitas pengolah angka sesuai keinginan.

7. Menu Data

Menu Data digunakan buat memasak data yg terdapat dalam sebuah tabel, yaitu mengurutkan data, menyaring (filter) data, membagi sebuah teks ke pada beberapa kolom, & lainnya. Beberapa submenu Data & manfaatnya, diantaranya:

SubmenuFungsi / Kegunaan
SortMengurutkan data/informasi dalam sebuah kolom secara alfabetis dan numerik.
FilterMenyaring atau menampilkan data yang memiliki kriteria tertentu.
FormMengelola data record yang terdapat dalam daftar tabel.
SubtotalsMenghitung sub atau grand total data bilangan sebuah kolom yang sedang aktif.
ValidationMembatasi entry data dengan menentukan kriteria data sel.
TabelMembuat tabel data berdasarkan entry data sel atau rumus.
Text To ColumnsMembagi teks pada sel yang sedang aktif ke dalam beberapa kolom yang kamu tentukan.
ConsolidateMenyimpulkan data dari area sumber tertentu dan menampilkannya dalam sebuah tabel.
Group and OutlineMenggabungkan atau membingkai data dari lembar kerja yang sedang aktif.
Pivot Table and PivotMenunjukkan cara membuat pivot tabel atau pivot grafik.
Get External DataMengambil data dari sebuah file, database, atau query sebuah program aplikasi lainnya.

8. Menu Window

Menu Window digunakan buat mengatur tampilan dua atau lebih kitab kerja, menampilkan atau menyembunyikan kitab kerja, Split, & Freeze Panes buat menampilkan judul baris atau kolom eksklusif dari sebuah tabel yg memiliki baris atau kolom yang banyak. Beberapa submenu Window & fungsinya, diantaranya:

SubmenuFungsi / Kegunaan
New WindowMembuat duplikat workbook yang sedang aktif.
ArrangeMenampilkan beberapa workbook yang sudah dibuka dalam satu layar.
Hide/UnhideMenyembunyikan atau menampilkan lembar kerja.
SplitMenampilkan gulungan pembagi lembar kerja untuk melihat judul kolom atau baris dan datanya.
Freeze PanesMembekukan gulungan agar dapat melihat judul kolom atau baris dan datanya atau menghilangkannya.

9. Menu Help

Menu Help dipakai buat menampilkan liputan atau penerangan tentang pengolah nomor Microsoft Office Excel 2003 & pertarungan yg timbul ketika kita memasak nomor . Beberapa submenu Help dan fungsinya, antara lain:

SubmenuFungsi / Kegunaan
Ms. Office Excel HelpMemberikan informasi tentang permasalahan Ms. Office Excel.
Detect And RepairMemeriksa kesalahan yang terjadi dan perbaikannya secara otomatis.
About Ms. Office ExcelMenampilkan informasi tentang Hak Cipta program pengolah teks Ms. Office Excel.

B. Fungsi Icon

Ikon digunakan buat perintah shortcut buat mempermudah dan mempercepat pekerjaan waktu menggunakan aplikasi Microsoft Excel.

1. Toolbar Standard

Toolbar Standard berisi sekumpulan perintah yang digunakan buat memasak angka. Berikut penjelasan Ikon-ikon toolbar Standard beserta manfaatnya:

SubmenuFungsi / Kegunaan
NewMembuat lembar kerja baru.
OpenMembuka atau mencari file dokumen yang sudah pernah dibuat dan disimpan.
SaveMenyimpan lembar kerja yang masih aktif dengan nama, lokasi, dan jenis file yang sama dengan file yang sedang aktif.
E-mailMembuat lembar kerja baru untuk e-mail.
PrintMencetak lembar kerja yang sedang aktif atau isi sel yang diinginkan.
Print PreviewMenampilkan bagaimana hasil lembar kerja yang akan tercetak.
Spelling and GrammarMemeriksa dan memperbaiki isi sel yang salah menurut bahasa Inggris secara otomatis.
CutMenghapus objek atau isi sel yang diinginkan atau memindahkan objek atau isi sel ke sel tertentu diakhiri dengan mengklik submenu Paste.
CopyMenyalin isi sel atau objek diakhiri dengan mengklik submenu Paste.
Format PainterMenampilkan hasil dari Cut atau Copy.
PasteMenampilkan hasil dari Cut atau Copy.
UndoMembatalkan perintah terakhir yang pernah dilakukan.
Insert HyperlinkMenambah teks dari sebuah file atau jaringan.
Paste FunctionMembuat berbagai macam rumus atau formula.
DescendingMenampilkan atau mengurutkan data dalam satu kolom berdasarkan alfabet, numerik, atau waktu dari terbesar hingga terkecil.
AscendingMenampilkan atau mengurutkan data dalam satu kolom berdasarkan alfabet, numerik, atau waktu dari terkecil hingga terbesar.
Chart-WizardMemasukkan grafik dengan berbagai macam modelnya.
DrawingMenampilkan atau menyembunyikan Toolbar Drawing.
ZoomMenampilkan dokumen pada layar monitor dalam ukuran pembesaran atau pengecilan dari 10% hingga 400%.

Dua. Toolbar Formatting

Toolbar Formatting berisi sekumpulan perintah yang dipakai buat memformat sel. Beberapa ikon toolbar Formatting beserta manfaatnya dapat dipandang dalam tabel berikut.

SubmenuFungsi / Kegunaan
FontMengubah jenis huruf dengan jenis huruf yang diinginkan.
Font SizeMengubah ukuran huruf dengan ukuran huruf yang diinginkan.
BoldMenebalkan data sel.
ItalicMemiringkan data sel.
UnderlineMenggarisbawahi data sel.
Align LeftMerata kiri data sel.
CenterMerata tengah data sel.
Align RightMerata kanan data sel.
Merge and CenterMenggabungkan beberapa sel dan mengetengahkan data selnya.
Currency StyleMenampilkan format angka dengan nama mata uang.
Percen StyleMenampilkan format angka berbentuk persentase (%).
Comma StyleMenampilkan dan menyembunyikan pemisah ribuan.
Increase DecimalMenambah banyak angka desimal data sel berbentuk angka.
Decrease DecimalMengurangi banyak angka desimal data sel berbentuk angka.
Increase IndentMenggeser ke kiri indentasi data sel.
Decrease IndentMenggeser ke kanan indentasi data sel.
BordersMengatur format bingkai sel.

Belum ada Komentar untuk "Fungsi Menu Dan Ikon Microsoft Office Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel