Mengelola Cell Pada Microsoft Excel
Mengelola Cell Pada Microsoft Excel – Ibaratnya sebuah tabel, pastinya memiliki struktur yang terbentuk dari baris dan kolom. Baris terdiri dari kotak-kotak yang letakknya secara horizontal, sedangkan kolom terdiri dari kotak-kotak yang letaknya secara vertikal. Sedangkan perpotongan antara baris dan kolom dinamakan dengan cell/data/sel.
Dalam program Microsoft Excel, user sanggup memanfaatkan & mengelola cell/sel ini buat menjadi data. Pengelolaan cell/sel mencakup mengenai memasukkan data berupa teks, lepas, & sapta beserta formatnya masing-masing.
1. Memasukkan Teks, Tanggal, Dan Bilangan Sel
Memasukkan teks, tanggal, & bilangan sel dapat dilakukan secara langsung dengan cara menekan tombol-tombol yang masih ada pada keyboard. Apabila kita memasukkan data teks maka secara otomatis Microsoft Office Excel akan memformat data teks menggunakan jenis dan berukuran alfabet (Font) eksklusif pada perataan kiri (Align Left).
Apabila kita memasukkan data lepas maka secara otomatis Microsoft Office Excel akan memformat data lepas dengan jenis dan berukuran huruf (Font) eksklusif pada format lepas eksklusif pula. Pada ketika kita mengetik ?08/17/45? Maka yg akan tampil adalah ?17-Aug-45? Yang berarti ?Tanggal 17 Agustus 1945?.
Apabila kita memasukkan data sapta maka secara otomatis Microsoft Office Excel akan memformat data bilangan dengan perataan kanan (Align Right) dalam format bilangan tertentu juga. Pada saat kita mengetik ?3/8? Maka yg akan tampil adalah ?0,375? Yg berarti ?Tiga dibagi 8 sama dengan 0,375?.
2. Memformat Cell / Sel
Kadang kala pada memasukkan data berupa teks, tanggal, ataupun bilangan dalam program Microsoft Office Excel tidak menampilkan format yg kita inginkan. Hal ini bisa diatasi menggunakan 2 cara, yaitu:
1. Menggunakan toolbar Formatting.
Dua. Melalui kotak obrolan Format Cells dengan mengklik hidangan Format - Cells.
Jenis Format Cell | Fungsi/Kegunaan |
---|---|
Tab Number | Untuk mengatur format bilangan. |
Tab Alignment | Untuk mengatur perataan teks data sel. |
Tab Font | Untuk mengatur jenis, ukuran, dan model huruf. |
Tab Border | Untuk mengatur format bingkai sel. |
Tab Patterns | Untuk mengatur pola dan warna sel. |
Tab Protection | Untuk mengatur pengamanan sel. |
? Mengatur Banyak Desimal Dalam Data Numerik
Seringkali kita menerima sapta desimal dalam pengisian data berbentuk bilangan, terutama dalam pembuatan formula atau rumus. Banyaknya nomor desimal yang ditampilkan berbeda-beda tergantung dari ketepatan output. Berikut ini merupakan langkah-langkah yang dapat dilakukan supaya banyaknya nomor desimal yg ditampilkan sama buat setiap sel yg diinginkan:
1. Sorot sel yg kita inginkan.
2. Klik keliru satu ikon desimal. Klik lagi sampai banyak desimal sesuai yang kita inginkan.
? Mengatur Banyak Desimal Dalam Data Numerik
Seringkali kita mendapatkan bilangan desimal pada pengisian data berbentuk bilangan, terutama dalam pembuatan formula atau rumus. Banyaknya angka desimal yg ditampilkan berbedabeda tergantung dari ketepatan hasil. Berikut ini adalah langkah-langkah yg dapat dilakukan supaya banyaknya nomor desimal yg ditampilkan sama buat setiap sel yg diinginkan:
1. Sorot sel yg kita inginkan.
2. Klik keliru satu ikon desimal. Klik lagi sampai banyak desimal sesuai yang kita inginkan.
Dua. Klik ikon Percent Style dalam toolbar Formatting.
Tiga. Maka data numerik dalam sel yg disorot akan diformat pada bentuk persentase.
? Mengatur Format Persentase
Berikut ini merupakan langkah-langkah yg dapat dilakukan buat memformat data numerik pada bentuk persentase:
1. Sorot sel yg kita inginkan.
Dua. Klik ikon Percent Style dalam toolbar Formatting.
Tiga. Maka data numerik dalam sel yg disorot akan diformat pada bentuk persentase.
? Mengatur Format Mata Uang
Langkah-langkah yg dapat dilakukan buat memformat secara otomatis nilai mata uang disertai menggunakan nama mata uangnya merupakan menjadi berikut:
1. Sorot sel yg kita inginkan.
Dua. Klik ikon Currency Style pada toolbar Formatting. Nama mata uang yang ditampilkan melalui ikon Currency Style bergantung dengan pengaturan kita dalam kotak dialog Format - Cells.
3. Data numerik telah diformat menggunakan nama mata uang yg sudah kita tentukan sebelumnya melalui kotak dialog Format - Cells.
? Mengatur Format Tanggal
Langkah-langkah yg bisa dilakukan buat memformat data dalam bentuk tanggal secara otomatis sinkron cita-cita adalah sebagai berikut:
1. Sorot sel yg akan diformat.
2. Klik menu Format - Cell sebagai akibatnya timbul kotak obrolan Format Cell.
3. Klik Date pada kotak Category dan pilih, serta klik tipe format tanggal & diakhiri dengan mengklik tombol OK.
4. Isikan data lepas dalam tabel tersebut. Misalnya, menggunakan hanya mengetik 22/10/2019 maka data akan diformat dalam bentuk 22-Okt-19, tergantung pilihan dalam point tiga.
? Mengatur Format Jam
Langkah-langkah yang bisa dilakukan buat mengatur format jam berdasarkan data numerik adalah sebagai berikut:
1. Sorot sel yg akan diformat.
Dua. Klik menu Format - Cells sebagai akibatnya ada kotak obrolan Format Cells.
3. Pilih dan klik tipe jam yang kita inginkan diakhiri dengan mengklik tombol OK.
4. Isikan data jam maka data jam akan diformat.
? Mengatur Format Teks Data Numerik
Pada ketika kita mengisi data numerik yang diawali dengan sapta nol seperti ?02345? Maka Microsoft Office Excel secara default akan menampilkannya tanpa sapta nol di depannya ( ?2345? ). Padahal, kita menginginkan adanya nomor nol tadi, misalnya untuk menulis nomor induk, kode wilayah telepon, dan sebagainya. Hal tersebut dapat diatasi menggunakan memformat sel dalam kategori teks dengan cara berikut:
1. Sorot sel yg akan diformat.
Dua. Klik menu Format - Cells sebagai akibatnya ada kotak obrolan Format Cells.
3. Klik Text pada kotak Category.
4. Klik tombol OK.
Lima. Data teks siap diisi.
? Mengubah Jenis Huruf ( Font )
Jenis alfabet bisa diubah menggunakan cara:
1. Sorot sel yg kita inginkan.
Dua. Klik tanda panah kecil ( drop down ) dalam kotak pilihan Font dalam toolbar Formatting sehingga timbul pilihan jenis huruf.
3. Pilih dan klik jenis alfabet yg kita inginkan.
4. Jenis alfabet sudah sinkron menggunakan yang kita inginkan.
* Cara lain buat mengatur jenis alfabet dapat melalui kotak pilihan Font dalam tab Font yang masih ada dalam kotak obrolan Format Cells.
? Mengatur Ukuran Huruf ( Font Size )
Ukuran huruf bisa diatur dengan cara:
1. Klik atau sorot sel yang kita inginkan.
Dua. Klik indikasi panah kecil dalam kotak pilihan Font Size pada toolbar Formatting.
Tiga. Pilih dan klik besar alfabet yang kita inginkan. Apabila ukuran yg kita inginkan nir terdapat pada daftar tadi maka kita dapat langsung mengisi dalam kotak pilihan berukuran yang kita inginkan, lalu tekan tombol Enter pada keyboard.
4. Ukuran huruf sudah berubah sesuai menggunakan impian kita.
* Cara lain buat mengatur ukuran alfabet bisa dilakukan melalui kotak pilihan Font Size dalam tab Font yg terdapat pada kotak obrolan Format Cells.
? Mengatur Gaya Huruf ( Font Style )
? Ada empat gaya alfabet yg tersedia, yakni:
a. Regular ( huruf normal ). Regular adalah gaya alfabet standar.
B. Bold ( huruf tebal ). Bold adalah gaya alfabet tebal.
C. Italic ( alfabet miring ). Italic adalah gaya huruf miring.
D. Underline ( alfabet digarisbawahi ). Underline adalah gaya huruf yang diberi garis bawah.
? Kita pula bisa mengkombinasikan beberapa gaya buat sebuah alfabet menggunakan menekan gaya-gaya huruf yg diinginkan. Langkah krusial buat mengganti gaya alfabet :
1. Sorot sel yg kita inginkan.
Dua. Klik satu atau lebih gaya huruf yg kita inginkan pada toolbar Formatting.
3. Huruf sudah diubah gayanya sinkron yang kita inginkan.
* Cara lain untuk mengatur gaya huruf bisa dilakukan melalui kotak pilihan Font Style dalam tab Font yang terdapat pada kotak obrolan Format Cells.
? Perataan Text ( Alignment )
Seringkali kita memerlukan contoh perataan teks, baik secara horizontal juga vertikal supaya teks sebagai lebih menarik. Adapun langkah perataan teks sebagai berikut:
1. Sorot sel yg kita inginkan.
Dua. Klik ikon perataan yang kita inginkan dalam toolbar Formatting.
Tiga. Perataan teks sudah terselesaikan.
* Cara lain untuk mengatur perataan teks secara horizontal bisa dilakukan melalui kotak pilihan Horizontal atau Vertikal pada tab Alignment yg masih ada pada kotak obrolan Format Cells.
? Mengatur Arah Teks ( Orientation )
Terkadang dalam sebuah tabel diharapkan arah-arah tertentu dari sebuah teks. Hal ini umumnya dipakai buat kolom yg sempit. Langkah-langkah yg bisa dilakukan buat mengatur arah teks adalah menggunakan cara:
1. Klik atau sorot sel yg kamu inginkan.
Dua. Klik menu Format - Cells sebagai akibatnya ada kotak obrolan Format Cells.
Tiga. Klik Tab Alignment & pilih arah teks pada kotak Orientation sehingga rona kotak berwarna hitam.
4. Arah teks sudah terformat. Atur tinggi baris dan lebar kolom hingga menampilkan seluruh teks.
* Selain arah vertikal berdasarkan atas ke bawah, kita dapat membuatnya pada arah menggunakan sudut tertentu dengan cara mengklik kotak Orientation lainnya. Dengan cara yg sama misalnya di atas maka akan didapati bermacam-macam arah teks.
? Mengubah Letak Indent
Biasanya jenis data numerik atau angka ditampilkan dalam posisi perataan kanan sebagai akibatnya nomor tersebut hampir melekat batas garis kanan sel. Jika kita ingin meletakkan angka tadi relatif ke arah kiri (atau ke kanan) maka bisa dilakukan menggunakan cara:
1. Klik atau sorot sel yang kita inginkan.
2. Klik salah satu ikon Indent yg kita inginkan.
Tiga. Teks data akan diletakkan sesuai menggunakan indent yang kita inginkan.
? Mengatur Warna Huruf ( Font Color )
Huruf-alfabet berdasarkan data sebuah tabel hendaklah diberi rona-warna yang serasi supaya penampilan sebuah tabel memiliki daya tarik tersendiri. Adapun langkah-langkah pewarnaan huruf sebagai berikut:
1. Sorot sel yg akan diformat.
2. Klik ikon Font Color dalam toolbar Formatting.
Tiga. Warna huruf pada sel yang kita inginkan sudah diformat dengan rona yg diinginkan.
? Mengatur Warna Latar Belakang Sel ( Fill Color )
Agar lebih menarik, sebuah tabel usahakan diberi rona latar belakang ( fill color ). Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Sorot sel yg kamu inginkan.
2. Klik ikon Fill Color pada toolbar Formatting.
Tiga. Maka, sel yg kamu inginkan diformat dengan rona background yang engkau pilih.
? Mengatur Secara Otomatis Warna Latar Belakang Tabel
Selain yg baru saja kita pelajari, yaitu cara mewarnai latar belakang sebuah sel atau tabel, dapat pula kita warnai sebuah tabel secara otomatis melalui AutoFormat dalam menu Format. Adapun langkah-langkahnya menjadi berikut:
1. Sorot tabel yg kamu inginkan.
2. Klik AutoFormat pada menu Format sehingga muncul kotak obrolan Auto Format.
Tiga. Pilih & klik contoh warna tabel yg kamu sukai. Kamu bisa menggeser penggulung vertikal ( Scroll Bar Vertical ) buat mencari contoh tabel yg diinginkan.
4. Klik tombol OK sebagai akibatnya tabel telah di-AutoFormat.
? Mengatur Model Batas Pinggir Sel ( Borders )
Borders atau batas yg mengelilingi sebuah sel atau tabel sangat diperlukan buat menampilkan sebuah tabel lebih indah. Langkah pembuatan batas pinggir adalah menjadi berikut:
1. Sorot sel atau range yang engkau inginkan.
Dua. Pilih & klik ikon Border yang engkau inginkan dalam toolbar Formatting.
Tiga. Batas pinggir telah tertera pada sel yang kamu inginkan.
* Selain itu, engkau bisa juga mengombinasikan border buat sebuah tabel dengan mengklik beberapa ikon Border yg engkau inginkan. Berikut ini merupakan contoh-model penggunaan kombinasi border dalam sebuah tabel.
Tiga. Menggabungkan Beberapa Sel Yang Berdekatan
? Menggabungkan Beberapa Sel pada Satu Baris
Sering kali dalam sebuah tabel ditemukan sebuah sel yg di bawahnya masih ada beberapa kolom. Tetapi, data dalam sel tadi tidak tepat berada di antara kolom-kolom tersebut.Agar teks yang berada pada sebuah tabel sempurna berada di antara 3 kolom pada bawahnya, maka dapat dilakukan dengan langkah menjadi berikut:
1. Klik sel-sel yg akan digabungkan dan klik ikon Merge and Center dalam toolbar Formatting.
2. Sel-sel tergabung secara otomatis.
? Menggabungkan Beberapa Sel Dalam Satu Kolom
Sebuah sel kadang berisi data/teks yang berada pada sebelah kanan atau kiri yang masih ada beberapa baris. Namun, data pada sel tersebut tidak tepat berada di antara baris-baris tadi. Agar data/teks tadi berada sempurna di antara kolom-kolom yg berada pada bawahnya seimbang menggunakan baris-baris kolom yg terdapat pada sebelah kanan/kiri maka dapat dilakukan menggunakan langkah menjadi berikut.
1. Klik sel-sel pada satu kolom yg akan digabungkan/pada-merger.
Dua. Klik ikon Merge and Center pada toolbar Formatting.
Tiga. Sel-sel tergabung secara otomatis. Atur perataan teks bila diharapkan. Perataan teks sudah dipelajari sebelumnya.
4. Memformat Baris Dan Kolom
apabila lebar kolom atau tinggi baris tidak mencukupi maka data sel akan berbentuk indikasi pagar sebagai akibatnya kita wajib mengatur ukuran kolom atau baris tersebut supaya data sel bisa terlihat menggunakan jelas.
? Mengatur Tinggi Baris
? Terkadang tinggi baris terlalu sempit atau terlalu tinggi buat sebuah data. Jika sebuah baris terlalu sempit maka akan terlihat data nir sepenuhnya ditampilkan. Langkah-langkah buat mengatur tinggi baris merupakan sebagai berikut.
1. Arahkan pointer cell pada judul baris yang diinginkan (terletak di atas lembar kerja) sehingga kursor bertanda positif hitam.
Dua. Geser ke atas (buat memperkecil tinggi baris) atau geser ke bawah (buat memperbesar tinggi baris).
? Cara lain yang dapat dipakai buat mengatur tinggi baris, yakni:
1. Sorot baris yg diinginkan.
2. Klik Format - Row - Height sehingga ada kotak dialog Row Height.
Tiga. Isilah berukuran tinggi baris yang diinginkan dalam kotak isian Row Height dan klik tombol OK maka ukuran tinggi baris telah diubah.
2. Geser ke arah kiri (buat memperkecil lebar kolom) atau geser ke kanan (untuk memperbesar lebar kolom).
Tiga. Lebar kolom akan sesuai menggunakan yg dikehendaki.
? Cara lain:
1. Klik salah satu sel dalam kolom yg diinginkan.
Dua. Klik Format - Column - Width sehingga ada kotak dialog Column Width.
Tiga. Isilah ukuran lebar yg dikehendaki pada kotak isian Column Width & klik tombol OK maka ukuran lebar kolom sudah diubah.
? Mengatur Lebar Kolom
? Terkadang lebar kolom terlalu sempit atau terlalu lebar buat sebuah data. Jika sebuah kolom terlalu sempit maka akan terlihat data tidak sepenuhnya ditampilkan sebagai akibatnya lebar kolom harus diatur dengan cara:
1. Arahkan kursor pada judul kolom yang diinginkan (terletak di atas lbr kerja) sehingga kursor bertanda positif hitam.
2. Geser ke arah kiri (buat memperkecil lebar kolom) atau geser ke kanan (untuk memperbesar lebar kolom).
Tiga. Lebar kolom akan sesuai menggunakan yg dikehendaki.
? Cara lain:
1. Klik salah satu sel dalam kolom yg diinginkan.
Dua. Klik Format - Column - Width sehingga ada kotak dialog Column Width.
Tiga. Isilah ukuran lebar yg dikehendaki pada kotak isian Column Width & klik tombol OK maka ukuran lebar kolom sudah diubah.
Lima. Mengoperasikan Cut, Copy, Paste, Dan Paste Spesial
? Mengoperasikan Cut
Data beberapa sel bisa dipindahkan dengan langkah menjadi berikut.
1. Sorot (block) sel yang akan dipindahkan.
Dua. Klik Cut pada hidangan Edit atau tombol Cut dalam toolbar Standard sehingga sel yang akan dipindahkan tampak dilingkupi oleh garis putus-putus.
3. Klik sebuah sel sebagai loka data paling kiri atas menurut data berasal.
4. Klik Paste dalam menu Edit atau tombol Paste pada toolbar Standard sebagai akibatnya data dalam sel dari sudah dipindahkan pada baru.
? Mengoperasikan Copy
Berikut ini adalah cara buat meng-copy banyak sel ke poly sel.
1. Blok atau sorot sel-sel yang akan pada-copy.
Dua. Klik Copy pada menu Edit atau tombol Copy pada toolbar Standard sebagai akibatnya sel yang akan disalin tampak dikelilingi sang garis putus-putus.
3. Klik sebuah sel sebagai loka copy data paling kiri atas menurut data asal.
4. Klik Paste pada menu Edit atau tombol Paste pada toolbar Standard sebagai akibatnya data dalam sel asal sudah ter-copy dalam sel baru. Garis putus-putus pada sel yg pada-copy dapat dihilangkan dengan cara menekan tombol Esc pada keyboard.
? Mengoperasikan Paste Special
Pada proses copy yg baru saja dipelajari secara umum adalah proses copy semua unsur dalam sebuah data sel, baik format, isi, juga rumus (bila terdapat). Paste Special sangat membantu pekerjaan kita dalam hal meng-copy hasil menurut perhitungan rumus. Kalau data tadi hanya beberapa sel saja mungkin nir begitu poly menyita waktu. Tetapi, apabila data tersebut berada pada range yang besar maka berapa lama saat yg dibutuhkan? Hal ini bisa diatasi lantaran pada Microsoft Office Excel masih ada fasilitas Paste Special. Pada Paste Special dapat dipilih galat satu unsur yang akan di-copy, yaitu:
- Semuanya (All)
- Formatnya saja (Format)
- Isinya saja (Value)
- Rumusnya saja (Formula)
Belum ada Komentar untuk "Mengelola Cell Pada Microsoft Excel"
Posting Komentar