Cara Membuat Blog - Part 2 ( Membuat Google Plus dan Membuat Blog Baru )

Cara Membuat Blog – Part 2 ( Membuat Google Plus dan Membuat Blog Baru ) - Cara membuat blog part 2 ini saya akan membahas bagaimana cara membuat blog baru sekaligus membuat Google Plus dengan menggunakan platform blogspot yang merupakan platform blog milik google. untuk membuat blog baru dengan akun gmail caranya cukup mudah kita hanya cukup mengunjungi websitenya di link https://www.blogger.com dan mengikuti instruksi atau cara membuat blog baru pada platform blog tersebut. cara membuat blog bagi banyak orang sangatlah mudah, namun cara membuat blog bagi sebagian orang juga bukan hal yang familiar. Karena itu dalam artikel ini, saya akan menjelaskan detil bagaimana cara membuat blog baru.

Apa itu BLOG?. Berdasarkan Wikipedia BLOG merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Sedangkan menurut saya, BLOG adalah ibarat sebuah media untuk memfasilitasi kegiatan menulis dan mengarsipkan semuanya dalam satu buku.

Untuk membuat blog, yang kita butuhkan hanya sebuah Email. Bagaimana cara membuat email sudah saya jelaskan pada session cara membuat blog - part 1 yang khusus menjelaskan bagaimana membuat akun gmail. Setelah kita membuat sebuah akun gmail atau akun email lainnya, baru selanjutnya kita bisa membuat sebuah blog. Dalam artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana membuat akun blog dengan menggunakan platform blogspot.

Untuk membuat akun blog dengan menggunakan platform blogspot kita bisa kunjungi alamat website https://www.blooger.com/ dengan menggunakan web browser apapun. Seperti google chrome, mozilla firefox, Internet Explorer, Safari, Opera ataupun Web Browser lainnya. setelah kita mengunjungi alamat situs websitenya, ikuti saja instruksi step by step bagaimana cara membuat blog.

tahapan cara membuat blog dari nol
Step By Step Membuat Blog

a. klik Create Your Blog untuk membuat akun blog baru. Tapi apabila alamat email kita sudah memiliki akun blog, dan kita ingin membuat akun blog baru, kita bisa klik ‘sign in’. Untuk tutorial cara membuat blog dalam artikel ini, asumsinya sang ‘Blogger Baru’ belum memiliki blog apapun. Jadi dalam tutorial ini, saya akan memberikan tutorial cara membuat blog baru benar-benar dari zero atau nol.

b. Lanjutkan untuk masuk ke blogger dengan menggunakan alamat email yang sudah dibuat sebelumnya . Kemudian klik berikutnya atau next .

c. Masukkan password dari email kita untuk mengkonfirmasi apakah benar kita adalah pemilik email tersebut. kemudian klik berikutnya  atau next .

langkah tahapan untuk membuat blog baru
Step By Step Membuat Blog

d. Selanjutnya kita diberikan optional untuk memilih profil kita dengan menggunakan akun google+ atau blogger untuk bisa ditampilkan atau dilihat bagi para pembaca blog kita. apabila kita memilih untuk menggunakan profile Google+ maka secara otomatis akan memberikan identitas pada properti google dan menghubungan dengan pembaca, sehingga dengan begitu, besar kemungkinan pembaca blog kita akan merekomendasikan tulisan/konten pada blog kita ke web atau akun google+ mereka. menggunakan profile Google+, bersifat public atau umum. Namun apabila profil google+ kita tidak ingin bisa ditemukan, kita bisa mengatur setting pencarian atau search enginenya.

Ada kalanya seseorang blogger menentukan untuk menggunakan profil blogger terbatas, menggunakan alasan yg tidak sinkron pula. Mungkin karena banyak blog yang dikelola, mungkin karena suatu ketika akan menjual blog tadi, atau alasan lainnya. Buat penggunaan profil ini, ketika kita menggunakan profil blogger, kemudian kita ingin mengubah profil menggunakan Google , maka harap dicatat buat balik ke profil blogger kita memiliki waktu 30 hari, atau jika tidak, profil blogger kita akan dihapus secara otomatis sesudah 30 hari berdasarkan pergantian tadi. Kabar apapun yang terdapat dalam profile blogger, nir akan ditampilkan pada profil Google , namun record komentar menurut postingan lama , tetap masih akan tercantum sebagai profil blogger.

e. Kita diberikan untuk merubah nama akun google+, apabila di point d, kita memilih profil akun sebagai Google+. Kita juga bisa tetap menggunakan nama pada saat kita membuat email, jadi tidak perlu merubahanya. Selanjutnya dibawah nama, ada kotak ‘Combo Box’ untuk memlih jenis kelamin pria, wanita, tidak ingin dinyatakan, atau kita bisa mengcustomnya sendiri. Setelah selesai pada tahap ini kita klik buat profil .

f. Buatlah avatar , foto untuk profil kita di akun Google+, namun sifatnya optional. Kalau kita memilih untuk membuatnya, setelah selesai mengupload gambar yang kita jadikan avatar kita bisa langsung save atau simpan. Namun kalau kita tidak ingin membuatnya kita bisa klik lewati saja tahap tersebut.

g. Akun Google+ sudah jadi dan kita bisa langsung lanjutkan ke blogger untuk membuat akun blog yang baru.

siap untuk membuat sebuah blog baru
Ready For Making New Blog

h. Finally, kita bisa memulai untuk membuat akun blog baru dengan menekan tombol buat blog baru yang ada dibagian tengah bawah, atau bagian atas kiri.

Ini adalah jurnal awal menurut seseorang blogger buat menuliskan setiap butir pikirnya kedalam blog kesayangannya. Untuk menyebutkan bagian setelah point h, saya akan mebuat artikel terpisah menurut artikel ini.

Perjalanan seseorang blogger, buat membuat sebuah blog yg mempunyai konten yang informatif, menarik, & interaktif. Menurut saya bukanlah hal yg mudah. Sebagai seseorang blogger baru, poly hal yang wajib kita pelajari. Tidak sampai hanya cukup buat menciptakan sebuah blog baru.

Ketika kita ingin menuliskan sebuah konten kedalam blog yg kita buat, kita benar-sahih harus memikirkan apakah tulisan dari sebuah konten akan banyak berguna buat para pembaca. Apakah kita menyukai benar-sahih kegiatan blogging ini. Jikalau nir, sebaiknnya stop, daripada kita membuang ketika banyak buat mengelola sebuah blog yg berakhir tidak diurus. Lantaran itu artikel ini aku tidak lanjutkan lagi, sebelum kita sahih-sahih tetapkan siap buat membuat sebuah blog baru. Karena percuma jika kita tidak menyukai aktivitas blogging, lalu kita paksakan buat menciptakan konten, umumnya konten tadi, tidak akan banyak berguna ataupun menarik untuk orang lain, khususnya diri kita.

Apakah sebuah blog bermanfaat bagi kita, itu merupakan pertanyaan internal kita. Akan tetapi sebaiknya pikirkan baik-baik. Ada baiknya ketika kita membuat blog baru, pastikan bahwa hal tersebut adalah memang sahih passion kita dan sahih-sahih ingin kita jalankan, sehingga kita menjadi blogger nir hanya sebatas saat ad interim misalnya mengisi saat. Akan tetapi memang sahih-benar bidang yg ingin kita tekuni.

Saya yakin tantangan buat memulai sesuatu yang baru, pada hal ini menciptakan blog baru. Pasti akan poly sekali tantangan yang tiba. Seperti rasa malas dari diri kita sendiri. Berikutnya, waktu baru pertama kali menciptakan sebuah blog baru, terkadang timbul pertanyaan, apakah ada manfaat kita melakukan kegiatan blogging ini, terutama bagi para blogger yang memang ingin memonetisasi blognya menjadi ruang penghasilan buat hidup selanjutnya. Membuat blog itu tidak seperti kita membuat kudapan manis, hari ini dibuat, lalu bisa eksklusif dijual. Untuk menciptakan blog baru hingga sahih-benar membentuk secara materi memnutuhkan ketika nir sebentar. Selain saat sangat diharapkan kesabaran, kerja keras buat mau belajar, integritas. Jangan sampai kita sebagai blogger yg gampang ada dan gampang jua tumbang, apalagi blogger-blogger yang berbekal ilmu copy paste.

Happy Blogging Guys !

  • kalau ada pertanyaan, silakan tulis saja dikotak komentar dibawah, asal bukan spam dan sesuai dengan topik pembahasan.
  • the language in this article uses indonesian, if you didn't understand with my language, you can use google translate or any others translator.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Blog - Part 2 ( Membuat Google Plus dan Membuat Blog Baru )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel