Blogger Pemula Wajib Tahu Fungsi ToolBar Pada Blogspot Untuk Membuat Artikel Lebih Menarik

Blogger Pemula Wajib Tahu Fungsi ToolBar Pada Blogspot Untuk Membuat Artikel Lebih Menarik - Melanjutkan artikel sebelumnya tentang bagaimana membuat postingan pada blog, dalam artikel ini saya akan khusus membahas khusus fungsi toolbar pada halaman posting blogspot. fungsi toolbar pada halaman posting blogspot akan sangat membantu, ketika kita ingin memodifikasi text artikel yang kita tulis pada halaman posting tersebut. fungsi toolbar pada halaman posting blogspot akan membuat artikel blog kita semakin menarik apabila kita benar-benar memahami fungsi toolbar pada halaman posting blogspot. karena itu dalam artikel ini, saya hanya akan khusus membahas fungsi toolbar pada halaman posting blogspot, agar kita bisa memberi nilai tambah pada posting artikel yang kita buat.

Toolbar yang disediakan blogspot akan mempercantik dan memperindah artikel yang kita terbitkan pada halaman blogspot. karena itu pemahaman mengenail fungsi toolbar ini, akan sangat membantu kita agar kita bisa mengembangkan blog yang kita miliki. Text yang diberi style dan disusun secara rapih akan membuat orang lain nyaman membaca tulisan kita. karena itu lakukan terbaik agar kita bisa menyediakan konten yang informatif dan menarik, dan pastinya enak dilihat.

Blogspot menyediakan 22 toolbar yang dapat digunakan untuk memodifikasi text yang kita tulis pada halaman posting ini . berikut penjelasan tool atau peralatan yang bisa kita gunakan untuk memaksimalka hasil tulisan artikel blog kita.

fungsi dan bagaimana menggunakan toolbar pada halaman posting blogspot mode compose
Toolbar Pada Mode Compose

a. Undo. Fungsi tool ini untuk membatalkan tindakan yang saat ini kita lakukan, atau mengembalikan ke format/hasil tulisan sebelumnya. Apabila kita terbiasa menggunakan shortcut, kita bisa menggantikan fungsi undo ini dengan menggunakan tombol Ctrl + Z.

b. Redo. Fungsi tool ini untuk meng-counter atau membalikkan fungsi undo. Fungsi redo ini biasanya untuk membatalkan tindakan pembatalan yang dilakukan oleh tombol undo. Kita juga bisa menggunakan shortcut-nya yaitu tombol Ctrl + Y.

c. Font. Fungsi tool yang satu ini untuk mengubah style dari jenis tulisan. Blogspot menyediakan beberapa option jenis font ini. Diantaranya : default font, arial, courier, georgia, helvetica, times, trebuchet, verdana. Untuk posting dengan menggunakan mode HTML , kita juga bisa menggunakan style untuk font. Untuk penjelasan lebih lanjut, silakan baca artikel Cara Menggunakan Font Styling Pada CSS.

d. Font size. Fungsi tool ini untuk merubah ukuran tulisan. Blogspot memberikan 5 option ukuran font, yaitu : smallest, small, normal, large, largest. Untuk posting menggunakan mode HTML  silakan baca artikel Cara Menggunakan Font Styling Pada CSS.

e. Format font. fungsi dari tool ini berfungsi untuk mengatur kepentingan text baik itu untuk digunakan sebagai heading, subheading, minor heading atau normal. Untuk penggunaan untuk mode HTML , silakan baca artikel Membuat Tag Heading Pada HTML.

f. Bold. Fungsi tool ini untuk membuat tulisan menjadi bercetak tebal. Untuk posting menggunakan mode HTML , silakan baca penjelasannya di artikel Cara Menggunakan Font Styling Pada CSS.

g. Italic. Fungsi dari tool ini untuk membuat tulisan menjadi bercetak miring. Untuk posting menggunakan mode HTML , silakan baca artikel Cara Menggunakan Font Styling Pada CSS.

h. Underline. Fungsi dari tool ini untuk membuat tulisan menjadi memiliki garis bawah pada tulisan. Untuk posting menggunakan mode HTML , silakan baca artikel Cara Menggunakan Property Text Styling Pada CSS.

i. Strikethrough. Tool ini berfungsi untuk membuat tulisan menjadi ada coretan di tengah. Untuk posting menggunakan mode HTML , silakan baca artikel Cara Menggunakan Property Text Styling Pada CSS.

j. Text color. Fungsi dari tool ini untuk memberikan warna pada text yang kita buat. kita bisa memilih 64 warna dikotak warna yang disediakan pada tool text color ini. Untuk posting menggunakan mode HTML , silakan baca artikel Cara Menggunakan Property Text Styling Pada CSS.

k. Text background color. Fungsi dari tool ini untuk memberikan warna background atau latar belakang text yang kita tulis. Fungsi tool ini juga bisa dimaksudkan untuk memberi effect highlight pada tulisan yang kita buat. Blogspot menyediakan 64 warna pada kotak color picker untuk text background color. Untuk posting menggunakan mode HTML , silakan baca artikel Cara Menggunakan Property Text Styling Pada CSS.

l. Insert link. Fungsi dari tool ini untuk memasukkan atau memberikan link pada tulisan yang kita buat dengan maksud untuk mengarahkan tulisan tersebut pada link url tertentu yang bisa digunakan untuk referensi bacaan yang masih berkaitan dengan artikel yang bersangkutan. Untuk posting menggunakan mode HTML , silakan baca untuk lebih jelas artikel Membuat Tag Hyperlink Pada HTML.

m. Insert image. Fungsi dari tool ini untuk memasukkan gambar pada artikel yang kita buat, baik itu bersumber dari komputer kita ataupun sumber link URL tertentu. Untuk posting menggunakan mode HTML , silakan baca artikel Membuat Tag Image Pada HTML.

n. Insert video. Fungsi dari tool ini untuk memasukkan video, baik itu bersumber dari komputer kita sendiri ataupun menggunakan situs URL tertentu seperti youtube. Untuk posting menggunakan mode HTML , secara prinsip sama dengan bagaimana kita meng-insert image.

o. Insert special character. Fungsi dari tool ini untuk memasukkan special character seperti emoticon, yang tidak tersedia pada tombol keyboard. Insert special character berfungsi untuk memberikan penekanan ataupun penjelasan pada bagian tertentu artikel, ataupun hanya sekedar membuat artikel semakin menarik untuk dibaca dengan memberikan style character tertentu. Untuk posting menggunakan mode HTML , sebaiknya kita tahu mengenai html entity. Nanti untuk artikel mengenai html entity ini saya akan buatkan artikelnya secara khusus.

p. Jump Break. Fungsi dari tool ini untuk membatasi isi postingan ketika dilihat dari beranda atau home halaman kita. sehingga untuk membaca keseluruhan postingan pembaca wajib meng-klik read more untuk melihat seluruh isi postingan.

q. Text alignment. Fungsi dari tool ini untuk mengatur batas rata tulisan. Blogspot menyediakan 4 option, yaitu : rata kiri, rata kanan, rata tengah, atau justify (disesuaikan keseluruhan batas rata baik kiri, kanan, dan tengah). Untuk posting menggunakan mode HTML , silakan baca artikel Cara Menggunakan Property Text Styling Pada CSS.

r. Numbered list. Untuk membuat sebuah daftar yang diurutkan dengan menggunakan angka. Untuk posting menggunakan mode HTML , silakan baca artikel Membuat Tag List Pada HTML.

s. Bullet list. Fungsi dari tool ini untuk membuat sebuah daftar yang diurutkan dengan menggunakan huruf. Untuk posting menggunakan mode HTML , silakan baca artikel Membuat Tag List Pada HTML.

t. Quote. Untuk menempatkan sebuah text pada sebuah kalimat khusus yang diawali dan diakhiri dengan tanda kutip. Posting mengunakan mode HTML , tool ini bisa digantikan dengan tag <quote> yang ada pada tag html.

u. Translate. Tool ini berfungsi untuk menerjemahkan tulisan ke dalam bahasa lain.

v. Check spelling. Tool ini berfungsi untuk mengecek ejaan apakah sudah sesuai dengan standar EYD apabila tulisan menggunakan bahasa indonesia.

Fungsi toolbar yang ada pada halaman posting blogspot sudah saya jelaskan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat teman-teman yang baru memulai aktivitas bloggingnya. Setelah kita mengetahui fungsi dari toolbar, semoga kita bisa lebih memaksimalkan hasil tulisan yang akan kita terbitkan pada halaman blog kesayangan kita.

Happy blogging guys....

  • kalau ada pertanyaan, silakan tulis saja dikotak komentar dibawah, asal bukan spam dan sesuai dengan topik pembahasan.
  • the language in this article uses indonesian, if you didn't understand with my language, you can use google translate or any others translator.

Belum ada Komentar untuk "Blogger Pemula Wajib Tahu Fungsi ToolBar Pada Blogspot Untuk Membuat Artikel Lebih Menarik "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel