Membuat Dan Mencetak Lembar Kerja Pada Microsoft Excel

Membuat Dan Mencetak Lembar Kerja Pada Microsoft Excel – Setelah mengetik data pada lembar kerja Microsoft Excel, langkah selanjutnya adalah melakukan pencetakan atas hasil pekerjaan dalam lembar kerja tersebut. Langkah-langkah untuk memperoleh hasil cetakan yang maksimal adalah meliputi sebagai berikut: Melihat cetakan halaman yang akan dihasilkan ( Print Preview ); Menentukan area lembar kerja yang akan dicetak ( Set Print Area ); Mengatur bentuk halaman cetak ( Page Setup ); Proses pencetakan ( Printing ).

Berikut beberapa hal yg patut diperhatikan pada mengelola lbr kerja/worksheet dalam Microsoft Excel hingga menjadi output cetak:

1. Melihat Cetakan Yang Akan Dihasilkan ( Print Preview )

Sebelum output kerja berdasarkan penggunaan acara Microsoft Excel dicetak, sebaiknya dicermati terlebih dahulu gambaran atau bentuk cetakan yg akan didapatkan buat menerima hasil cetakan yg optimal sesuai dengan keinginan. Adapun langkah-langkah buat melihat cetakan yg akan didapatkan adalah sebagai berikut: Setelah disorot area lbr kerja yg akan dicetak dan sehabis mengklik Set Print Area dalam hidangan File maka klik Print Preview pada menu File sebagai akibatnya timbul kotak jendela Print Preview.

Apabila tampilan yg akan tercetak masih belum sinkron, dapat diatur balik melalui kotak obrolan Page Setup menggunakan mengklik tombol Page Setup yang berada pada bagian atas Print Preview. Dapat pula dilakukan menggunakan cara mengklik tombol Print Preview pada toolbar Standard. Sebelum mencetak hasil pekerjaan di lembar kerja worksheet ), terlebih dahulu tentukan area atau bagian mana dari sebuah lbr kerja yg akan dicetak menggunakan langkah menjadi berikut.

1. Sorot sel atau area yg akan dicetak.

2. Pada hidangan File, klik Print Area dilanjutkan dengan mengklik Set Print Area.

Tiga. Area yang telah ditentukan telah siap buat dicetak.

* Adapun buat membersihkan area cetak dapat dilakukan menggunakan cara mengklik Clear Print Area.

Dua. Mengatur Tata Letak ( Layout ) Cetakan

Agar output cetakan sinkron yang diharapkan maka kita perlu mengatur rapikan letak cetakan yang mencakup bentuk page, arah cetakan, sampai kualitas cetakan. Untuk itu, aturlah terlebih dahulu bentuk laman cetak pada kotak obrolan Page Setup. Kotak obrolan ini dapat ditampilkan dengan cara mengklik Page Setup dalam menu File (atau melalui tombol Setup pada kotak jendela Preview). Kotak obrolan Page Setup terdiri atas empat tab, yaitu:

1. Mengatur arah cetakan

Pengaturan arah cetak laman dapat dilakukan melalui kotak pilihan Orientation. Ada dua pilihan bentuk halaman cetak dalam kotak Orientation, yaitu:

- Portrait. Portrait merupakan pengaturan hasil cetakan dalam kertas secara vertikal ( tegak ).

- Landscape. Landscape merupakan pengaturan output cetakan pada kertas secara horizontal ( mendatar ).

Dua. Mengatur pembesaran output cetakan

Pembesaran hasil cetakan page dapat diatur melalui kotak pilihan Scaling. Ada dua pilihan bentuk laman cetak pada Scaling, yaitu:

- Adjust to ?% normal size. Adjust to ?% normal size dipakai untuk menentukan pembesaran ukuran output cetakan dari ukuran yg sebenarnya ( normal ). Dapat pula dipengaruhi persentase pembesaran yang dihasilkan.

- Fit to? Laman(s) wide by? Tall. Fit to? Page(s) wide by? Tall dipakai buat menentukan perbandingan halaman dengan tinggi data sebenarnya.

3. Mengatur berukuran kertas cetakan

Ukuran kertas cetakan dapat diatur melalui kotak pilihan Paper size.

4. Mengatur margin page

Margin halaman cetak dapat diatur melalui Tab Margin pada kotak obrolan Page Setup menggunakan memilih jeda margin setiap sisi laman.

Lima. Mengetengahkan output cetakan

Hasil cetakan bisa diletakkan di tengah melalui kotak pilihan Center on page. Ada 2 sentral pilihan, yaitu:

- Horizontal. Apabila engkau menginginkan hasil cetakan berada dalam tengah page kertas secara horizontal, dilakukan dengan cara mengklik atau memberi indikasi cek pada horizontal.

- Vertikal. Jika kamu menginginkan hasil cetakan berada pada tengah halaman kertas secara vertikal, bisa dilakukan dengan cara mengklik atau memberi indikasi cek dalam vertikal. Jika kamu menghendaki output cetakan sempurna berada pada tengah-tengah kertas secara horizontal-vertikal maka kamu harus mengklik atau menaruh pertanda cek dalam horizontal dan vertikal.

3. Mencetak Lembar Kerja

Setelah kamu menentukan area lbr kerja yg akan dicetak melalui submenu Set Print Area dan pengaturan page melalui Page Setup maka tahap berikutnya adalah pencetakan berkas. Pencetakan berkas bisa dilakukan dengan cara:

a. Hidupkan printer dan masukkan kertas dalam printer.

B. Klik Print pada sajian File sehingga muncul kotak obrolan Print.

C. Tentukan jenis printer yang digunakan pada kotak pilihan Name & halaman mana saja yg akan dicetak melalui kotak From ? To?. Jika engkau menghendaki semua page dalam lembar kerja dicetak maka engkau klik All. Namun, jika kamu menghendaki hanya laman eksklusif saja yang akan dicetak maka engkau harus menentukan berdasarkan page berapa hingga halaman berapa yang akan dicetak dalam kotak isian From ? To?.

D. Klik tombol OK buat memulai pencetakan berkas.

E. Selanjutnya, engkau akan melihat hasil cetakan melalui printer.

4. Mengelola Worksheet Dalam Workbook

? Mengganti Nama Lembar Kerja Dalam Workbook

Langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengubah nama lembar kerja sebagai berikut.

1. Klik kanan lbr kerja ( Sheet1 ) yg akan diganti sampai timbul Pop sajian.

2. Pilih dan klik Rename sampai text Sheet1 tersorot.

3. Ketiklah nama baru ( Catatan ) kemudian tekan Enter.

? Menyalin, Menggabungkan, Atau Memindahkan Lembar Kerja Dalam Workbook

Lembar kerja dapat disalin atau dipindahkan menggunakan langkah menjadi berikut.

1. Klik kanan lbr kerja ( Sheet1 ) yg akan diganti sampai timbul Pop sajian.

2. Pilih dan klik Move or Copy sampai ada kotak dialog Move or Copy.

Tiga. Tentukan arsip tujuan penyalinan atau pemindahan workbooks pada kotak pilihan To Book dan tempat penyisipannya dalam kotak pilihan Before Sheet.

4. Tandai check list dengan mengklik kotak Create a copy ( buat menyalin workbooks) atau biarkan kotak tadi nir ditandai check list ( untuk memindahkan workbooks ).

Lima. Menghapus Lembar Kerja Dalam Workbook

Lembar kerja bisa dihapus dengan langkah sebagai berikut.

A. Klik kanan lembar kerja (Sheet1) yang akan diganti hingga timbul Pop hidangan.

B. Pilih dan klik Delete sebagai akibatnya workbooks yang sedang aktif akan terhapus secara permanen

Belum ada Komentar untuk "Membuat Dan Mencetak Lembar Kerja Pada Microsoft Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel