Perangkat Keras Untuk Akses Internet

Perangkat Keras Untuk Akses Internet – Internet di era sekarang, bukanlah sesuatu yang aneh lagi sebagai sebuah teknologi yang sangat memudahkan kita dalam berkomunikasi dan mencari informasi apapun. Tentunya untuk mendapatkan manfaat dari teknologi internet memerlukan perangkas keras atau hardware untuk bisa mengakses teknologi internet tersebut. Artikel ini akan menjelaskan beberapa pengetahuan tentang peralatan/peangkat keras/hardware yang digunakan dalam berkomunikasi dan mencari informasi pada suatu jaringan internet, seperti ethernet card, modem, dan router .

1. ETHERNET CARD

Ethernet card adalah kartu yg dipasang pada mainboard menjadi indera penghubung komputer pada suatu jaringan. Berikut jenis-jenis Ethernet Card dari kecepatannya, dibagi sebagai 4 jenis:

a. 10 Mbit/dtk, yang sering diklaim sebagai Ethernet saja (standar yg dipakai: 10Base2, 10Base5, 10BaseT, 10BaseF).

B. 100 Mbit/dtk, yang tak jarang diklaim sebagai Fast Ethernet (baku yang digunakan: 100BaseFX, 100BaseT, 100BaseT4, 100BaseTX).

C. 1000 Mbit/dtk atau 1 Gbit/dtk, yang seringkali disebut sebagai Gigabit Ethernet (baku yang dipakai: 1000BaseCX, 1000BaseLX, 1000BaseSX, 1000BaseT).

D. 10000 Mbit/detik atau 10 Gbit/dtk. Standar ini belum banyak diimplementasikan.

Merek-merek ethernet card di antaranya yg acapkali beredar di pasaran:

a. D-LINK DFE-528TX

b. D-LINK DFE-580TX

c. HP 434905-B21

d. HP Intel Pro 1000 PT

e. LINKSYS PLK200-UK

2. MODEM

Agar kita bisa berkomunikasi melalui jaringan internet, banyak sekali cara yang bisa kita pakai, baik dengan menggunakan handphone atau smartphone atau sebuah komputer. Untuk mengakses internet dari komputer kita biasanya memerlukan wifi atau modem. Pembahasan bagian ini khusus untuk membahas mengenai Modem.  Karena biasanya sudah menjadi standar sebuah unit komputer telah dilengkapi dengan modem agar bisa mengakses internet.

Modem adalah singkatan dari Modulator-Demodulator yang merupakan alat yang bisa membuat sebuah komputer bisa berkomunikasi dengan komputer lainnya melalui jalur line telepon. Jika pada sebuah line telepon hanya dapat mengirimkan data dalam bentuk suara/analog saja, berbeda dengan fungsi modem yang menerjemahkan sinyal komputer yang berbentuk digital menjadi analog dan menerjemahkan kembali dari sinyal analog/suara kepada sinyal komputer yang berbentuk digital. Modem sendiri dilengkapi dengan fasilitas kompresi data (data compression) yang memungkinkan komputer dapat mengirimkan data lebih banyak dengan sinyal atau gelombang analog melalui line telepon. Hal ini disebabkan karena kompresi data dapat mengurangi ukuran pertukaran file sampai separuhnya pada saat data dikirim. Selain itu, modem dilengkapi pula dengan koreksi kesalahan (error correction) yang berfungsi untuk memeriksa dan memastikan data informasi yang diterima modem sama dengan data yang dikirim. Kinerja komputer akan semakin meningkat pada saat berkomunikasi dengan dilengkapi kompresi data dan koreksi kesalahan yang andal.

Di pasaran poly merek-merek modem yang masih tersebar seperti 3com, Asus, Prolink, D-Link, Blue Thunder. Ukuran sebuah modem dipengaruhi dengan satuan bit per second (bps), yaitu banyaknya data atau instruksi yg bisa ditransfer pada satu detik. Makin tinggi kecepatan modem yg digunakan makin tinggi kecepatan personal komputer dalam mengelolah data fakta internet sebagai akibatnya bisa mempersingkat saat koneksi yg akhirnya akan menghemat porto pulsa telepon. Ukuran modem yg dianjurkan minimal 56 Kbps. Jika lebih kecil dari itu maka proses transfer data yg dilakukan modem akan lebih lambat, & kebalikannya.

Jenis-Jenis Modem

Berdasarkan bentuk & cara pemasangannya, modem bisa dibedakan sebagai 2, yaitu:

1. Internal Modem (Modem Internal)

Sesuai berdasarkan namanya Modem Internal, maka modem ini terletak atau dipasang pada pada komputer. Modem ini berbentuk kartu (card) yang dilengkapi menggunakan jack telepon yang dipasang dalam slot perluasan ISA atau PCI pada mainboard komputer. Modem jenis ini dilengkapi pengeras bunyi dan bentuknya seperti menggunakan VGA card.

Keuntungan menurut modem internal adalah sebagai berikut :

? Modem ini terpasang langsung dalam slot yang ada di dalam motherboard sebagai penggunaan modem jenis ini nir memerlukan loka khusus.

? Tidak memerlukan catu daya/adaptor lantaran kebutuhan daya listrik telah disediakan oleh personal komputer itu sendiri.

? Penggunaan modem ini lebih terkesan ringkas, simpel, & rapi karena tidak adanyakabel-kabel yg melintang.

? Harganya lebih murah.

Kelemahan menurut modem internal adalah menjadi berikut:

? Lebih sulit dalam instalasinya. Hal ini dikarenakan port seri built-in yang bisa bertentangan menggunakan port seri yang sudah di-install di motherboard atau komponen/hardware lainnya.

? Lebih sulit buat memilih syarat modem karena tidak adanya lampu indikator pada modem ini.

? Panas yang terjadi dalam modem akan menambah panas dalam komponen atau hardware lainnya lantaran daya listrik diperoleh berdasarkan power supply pada personal komputer . Hal ini akan meningkatkan kecepatan kerusakan pada komponen atau hardware lainnya.

? Mengorbankan sebuah slot dalam mainboard sehingga akan berkurang slot yang akan dipakai buat hardware lainnya.

2. External Modem (Modem Eksternal)

Sesuai menggunakan namanya Modem Eksternal, modem jenis ini tentu saja posisinya berada pada luar motherboard. Modem ini berbentuk kotak mini yg memiliki interface komunikasi RS232 yg dihubungkan ke motherboard melalui port COM atau USB. Selain itu, modem ini dilengkapi menggunakan penyambung kabel ke line telepon (RJ-11). Modem jenis ini umumnya memakai asal tegangan terpisah berupa adaptor. Modem ini pula dilengkapi sang lampu indikator yang terletak dalam panel depan buat menentukan status kerja modem.

Keuntungan menurut penggunaan modem eksternal merupakan sebagai berikut:

? Tidak perlunya slot ekspansi yg dipakai sehingga slot perluasan tadi dapat digunakan buat hardware atau komponen lainnya.

? Praktis buat dipindah-pindahkan sehingga bisa dibawa dan dipakai buat personal komputer lainnya.

? Dilengkapi menggunakan lampu indikator sebagai akibatnya kita bisa melihat dengan pribadi status kinerja berdasarkan modem.

? Panas yang terjadi dalam modem nir memengaruhi atau menambah panasnya komponen atau hardware lainnya lantaran menggunakan adaptor sebagai akibatnya sumber tegangannya terpisah menggunakan komponen atau hardware yg ada pada motherboard.

? Instalasi lebih mudah lantaran umumnya hanya cukup dengan memasang kabel ke modem & port seri di personal komputer serta memasang adaptor & interaksi ke saluran telepon.

Kelemahan menurut modem eksternal merupakan menjadi berikut:

? Modem ini memerlukan loka buat meletakkannya walaupun kecil.

? Penggunaan modem ini terkesan nir mudah dan tidak rapi karena banyaknya kabel yang digunakan.

? Harganya lebih mahal.

Tiga. ROUTER

Router adalah sebuah indera jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Router berfungsi menjadi penghubung antardua atau lebih jaringan buat meneruskan data menurut satu jaringan ke jaringan lainnya. Router tidak sama menggunakan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk menciptakan suatu Local Area Network (LAN). Adapun merek-merek router yang sering dijumpai dipasaran seperti 2Wire, 3Com, Apple Computer, Asus, Belkin, Buffalo Technology, Billion, CANYON, CISCO SYSTEMS, INC.

Secara umum, router dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

a. Static router (router tidak aktif), yakni sebuah router yg mempunyai tabel routing statis yg diset secara manual oleh para administrator jaringan.

B. Dynamic router (router dinamis), yakni sebuah router yg memiliki dab buat menciptakan tabel routing dinamis, menggunakan mendengarkan lalu lintas jaringan dan pula menggunakan saling herbi router lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Perangkat Keras Untuk Akses Internet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel