Apa itu ISP ( Internet Service Provider ) ?

Apa itu ISP ( Internet Service Provider ) ? – Ketika kita berselancar dalam teknologi internet. Anda harus tahu bahwa jaringan internet bekerja melalui saluran komunikasi, berupa saluran telepon atau fasilitas yang disediakan oleh penyedia akses internet yang lebih dikenal dengan nama provider atau yang lebih lengkapnya disebut sebagai Internet Service Provider (ISP) yang memiliki peran penting dalam memberikan layanan konektivitas jaringan internet bagi pelanggan rumah, instansi, maupun perusahaan melalui infrastruktur yang mereka miliki. Saat ini di Indonesia telah berdiri banyak ISP, sebut saja antara lain:

1. PT TELKOM yang beralamat di https://www.telkom.co.id/

2. RADNET yang beralamat di https://www.rad.net.id/

3. MEGANET yang beralamat di https://www.mega.net.id/

4. PT INDOSAT yang beralamat di https://www.indosatooredo.com/

Di Indonesia sendiri badan atau asosiasi yang menaungi perusahaan Internet Service Provider (ISP) berada dalam naungan APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia). Untuk informasi mengenai APJII dapat ditemukan melalui websitenya di https://www.apjii.or.id/.

Kita wajib mendaftarkan diri kepada ISP setempat supaya komputer kita bisa berkomunikasi menggunakan jaringan internet. Selain itu, ISP juga menyediakan & menawarkan pula hardware & aplikasi yg dibutuhkan dalam instalasi internet, mulai berdasarkan modem standar, kabel modem, wifi dan lain sebagainya. Jika belum terdapat perusahaan ISP di wilayah terdekat, mampu jua pribadi mengakses internet tanpa mendaftarkan diri ke ISP, yaitu dengan Sim Card yang anda gunakan dalam telepon seluler anda sendiri.

Pada waktu mendaftarkan diri ke ISP kita akan diberikan beberapa hal, berikut antara lain:

a. Sebuah nomor telepon untuk kebutuhan akses.

b. Nomor IP address dan subnet mask untuk kode alamat komputer kita, misalnya 202.154.4.78. adalah Internet Network Information Center, yang beralamat di https://www.internic.net/ dan bertanggung jawab atas IP address ini.

C. Sebuah hostname & domainname symbol mudah buat kode personal komputer kita. Misalnya, www.Digitaladies.Com.

D. Sebuah alamat server DNS (Domain Name System) buat keperluan pelayanan perusahaan pelayanan akses internet.

E. Sebuah user ID dan password buat istilah kunci pada mengakses personal komputer kita.

User ID dan password akan diisikan dalam ketika kita akan menghubungkan komputer ke internet melalui kotak dialog Connect To. User ID atau dianggap juga user name dan password digunakan sebagai kata kunci personal komputer kita pada mengakses internet.

Belum ada Komentar untuk "Apa itu ISP ( Internet Service Provider ) ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel